Tuesday, November 3, 2015

Transaksi Tas dan Sepatu di Instagram

Assalamu'alaykum para pembaca setia blog STI. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman mengenai suatu transaksi online. Sudah tahu kan apa itu transaksi online? Yup! (seperti yang sudah dijelaskan pak Imam di kelas STI) Transaksi adalah suatu kegiatan yang berhujung pada suatu kesepakatan. Salah satunya adalah kegiatan jual-beli seperti ini. Lalu kenapa online? Karena kegiatan transaksi ini dilakukan secara tidak langsung atau tidak tatap muka alias obrolan kesepakatan dilakukan via order online dan chatting antara sang penjual dan pembeli.

Disini saya akan menjelaskan bagaimana pengalaman saya saat melakukan transaksi online via instagram.

1. Tahu apa yang mau dibeli.
Hal ini sudah pasti harus dilakukan. Mana mungkin kita tidak tahu apa yang mau dibeli, kan?

2. Cari hashtag mengenai barang yang mau dibeli.


Pada aplikasi instagram, disediakan mesin pencari hashtag yang menyediakan index-index berbagai hashtag yang semua user instagram posting. Contohnya kamu ingin membeli sepatu dan tas, tinggal search aja #sepatudocmartmurah atau #tasselempangcewek atau apapun sesuai kebutuhan dan kemampuanmu.

3. Lihat-lihat barang yang kamu inginkan.


Tips saat memilih barang secara online adalah dengan melihat foto-fotonya apakah foto tersebut terlihat real atau ambil dari google. Karena gambar-gambar yang diambil dari google adalah barang yang rawan hanya hoax semata, walaupun tidak semua olshop begitu.

Selain itu manfaat dari lihat-lihat barang adalah kamu bisa memilih model, warna, spesifikasi, dan lain-lain yang kamu inginkan serta butuhkan. Selain itu, jika sang penjual menyediakan daftar harga pada deskripsi pada postingan gambar barang yang kamu inginkan, kita juga bisa memilah yang sesuai keadaan kantong kita.

4. Lakukan order.
Setelah menemukan barang yang sekiranya cocok dengan kamu dan kamu sukai, kamu bisa melakukan order. Biasanya olshop di instagram menyediakan kontak order yang bisa dihubungi di bio akun ig olshop tersebut. Lakukanlah chatting se-efektif mungkin. Tanyakan pula harga ongkir serta rekening olshop untuk mengirim uang.

5. Transfer Uang dan Tunggu hingga barang sampai ke tangan.


Setelah order dan meminta rekening, lakukanlah transfer lewat atm atau teller bank. Jangan lupa untuk memfoto bukti transfermu. Setelah itu kirim bukti transfer ke sang penjual, maka sang penjual akan melakukan proses pengiriman barang. Agar dapat memantau barang kita sudah sampai mana serta sebagai bukti keaslian kalau sang penjual benar-benar mengirim barang yang kita beli, mintalah bukti resi pengiriman barang jasa kurir yang sang penjual gunakan.


Berikut adalah contoh screenshot saat saya melakukan transaksi online.













Purina Qurota Ayunin
5115100008

2 komentar:

  1. Waah olshopnya reccommended banget๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  2. Waah olshopnya reccommended banget๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete