Friday, November 6, 2015

Transaksi Online melalui Bukalapak.com

Halo, para pembaca blog kuliahsti! Karena perkembangan teknologi, toko-toko konvensional pun berubah menjadi toko online. Dan toko online itu juga mengalami perkembangan. Dari sebelumnya bisa diakses melalui browser, sekarang toko online juga bisa diakses melalui smartphone. Nah, di bawah ini saya akan menceritakan pengalaman saya saat melalukan transaksi online.

Pertama-tama, saya mencari barang yang saya perlukan melalui situs e-commerce yang menurut saya cukup populer, yaitu www.bukalapak.com. Saya mengetikkan ‘ph meter’ ke textbox pencarian dan mengklik icon search.
  

Saya melihat-lihat beberapa barang yang terdapat di sana dan setelah merasa cocok, saya akhirnya memilih barang ini.


Saya mengklik tombol Beli yang berwarna merah jambu dan kemudian muncul pop up ini.


Karena saya hanya ingin beli pH meter saja, maka saya klik tombol Lanjut ke Pembayaran. Setelah itu ada halaman yang meminta cara pembayaran saya. Pilihannya ada yang menggunakan kartu kredit atau transfer ke bank.
Oh ya, sebelumnya, saya melakukan Login ke websitenya dulu agar tidak perlu lagi mengisi identitas yang banyak karena sudah memiliki akun Buka Lapak.


Saya perlu memilih kurir yang akan mengantar barangnya beserta lama pengiriman dan ongkos pengirimannya. Dan setelah saya mengecek harga totalnya (harga barang beserta ongkos kirimnya), saya pun mengklik tombol Lanjut.
Terdapat pemberitahuan seperti pada gambar di bawah. Intinya, kita perlu melakukan transfer berbatas waktu ke salah satu bank yang ada di sana. Jika melebihi batas waktunya, maka pesanan akan dibatalkan. Menurut Bukalapak.com, tambahan Rp 625 berfungsi untuk memudahkan proses verifikasi.


Saya melakukan transfer pada malam harinya. Setelah itu, ada notifikasi melalui email bahwa pembayaran telah dikonfirmasi.

 

Kira-kira dua hari kemudian, ada notifikasi lagi dari email saya bahwa barang pesanan saya sudah dikirim hari kamis siangnya.


Akhirnya, hari Jumat (6/11) siang, barang sampai.


Setelah melakukan transaksi pembelian online ini, menurut saya, transaksi online mudah karena tidak perlu repot mencari barang yang kita inginkan. Hanya cukup memasukkan string pencarian dan barang yang kita inginkan akan muncul. Selain itu, kita bisa berada di mana pun saat memesan barang karena tidak perlu menemui si penjual barang. Demikianlah pengalaman saya saat melakukan transaksi online. Terima kasih.

Nama: Lucas Susanto
NRP: 511 510 0134

0 komentar:

Post a Comment