Thursday, November 5, 2015

Memesan Makanan Secara Online dengan Foodpanda

Kini pemesanan makanan dapat dilakukan dengan via online. Hal ini memudahkan kita untuk membeli makanan tidak harus pergi ke tempat penjuakannya. Salah satu aplikasi yang memudahkan kita untuk memesan makanan secara online adalah Foodpanda. Foodpanda memiliki data restoran yang sangat banyak, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Namun untuk di Indonesia hanya beberapa tempat saja yang data restorannya ada di Foodpanda, seperti Jakarta, Tangerang, Surabaya, dsb. 

Pada awalnya saya melihat di internet tentang transaksi online baik yang berupa barang/jasa, entah kenapa akhirnya saya kesasar di sebuah situs yang asing bagi saya, yaitu :  foodpanda.co.id. Setelah saya telusuri situs ini lebih mendalam ternyata situs ini merupakan situs pemesanan makanan. Situs Foodpanda juga menyediakan aplikasi mobile yang memudahkan kita untuk memesan makanan. Dan akhirnya saya mencoba memakai aplikasi untuk mengukur seberapa efisienkah pengantaran makanannya.

Pembayaran pada aplikasi ini dapat dilakukan secara tunai maupun secara online / dengan transfer rekening (beberapa restoran saja yang melakukan pembayaran online). Langakah pertama yang dilakukan untuk memesan makanan adalah dengan menentukan lokasi kita, penentuan lokasi dapat dilakukan secara manual dengan fitur GPS di Smartphone. Selanjutnya restoran yang bisa menjangkau pesan-antarnya sampai lokasi kita otomatis akan ditampilkan pada aplikasi tersebut. Selanjutnya pilih restoran yang diinginkan dan pilihlah makanannya.

Beberap restoran yang ada di kawasan Keputih (Sukolilo), Surabaya

Delivery Menu pada suatu restoran
Salah satu isi Delivery Menu pada suatu restoran

Pilihan makanan yang siap diantarkan


Salah satu proses pemesanan makanan


Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah adanya Minimum Payment yang ada saat kita memesan makanan di suatu restoran. Jadi jika kita memesan suatu makanan harganya dibawah Rp.50.000,00 (Harga Minimum Payment rata-rata) ditambah dengan harga pengantaran makanan seharga Rp.12.000,00 (Harga rata-rata pengataran makanan) maka jumlah harga makanan yang akan dihitung Rp.62.000,00. Jadi bagi yang ingin memesan nasi goreng dan teh es seharga Rp.15.000,00 tidak perlu repot-repot memesan di Foodpandaini  karena harganya akan naik 4 kali lipat . Sangat tidak disarankan untuk anak kos :) kecuali diawal bulan. 


Bukti struk pembayaran.


Ahmad Ibnu Fajar
5115100133

0 komentar:

Post a Comment