Thursday, October 16, 2014

Transaksi Online - Pembelian Branded Tee melalui Instagram

Instagram adalah salah satu social media yang sedang booming saat ini. Dengan instagram, kita bisa memposting berbagai banyak hal dalam bentuk gambar dan short video. Kita bisa memposting momen-momen yang kita lalui, quotes, hingga promosi barang dagangan maupun jasa di situ. Contohnya promosi online shop, event organizer, make up artist, model, dsb.
Banyak sekali online shop yang beredar di instagram mulai dari yang base nya di dalam negeri sampai di luar negeri. Kali ini saya akan memesan baju di salah satu online shop yang base nya berada di Surabaya. Baju yang akan saya beli yaitu branded tee. Kaos dengan nama merk baju di depannya. Berikut adalah cara untuk memesan baju tersebut di Instagram melalui handphone :


1.      Buka aplikasi Instagram dan Log In

Buka aplikasi instagram di handphone anda. Pilih Log In. Setelah pilih Log In, akan muncul gambar seperti ini :
Masukkan username dan password. Setelah itu klik tanda cawang yang ada di pojok kanan atas.
2.      Cari nama penjual
Setelah berhasil Log In, maka akan masuk di tampilan awal.
Kemudian pilih Explore yang berada di sebelah gambar Home. Pilih lambang search yang ada di pojok kanan atas.
Ketik nama akun yang akan kita cari. Di sini, saya memilih biibooshop karena saya sudah berlangganan di tempat itu.
Kemudian, buka profil online shop tersebut.
3.      Melihat barang yang akan dibeli
Di tahap ini, kita melihat-lihat dulu barang apa yang mau kita beli. Jika sudah menemukan barang yang ingin dibeli, kita pesan barang tersebut melalui contact yang diberikan.

Barang yang saya pesan adalah sebuah kaos bertuliskan “DNT GV A SHT” yang berwarna hitam. Harganya adalah 90rb rupiah karena saya memesannya melewati batas promo.

4.      Memesan melalui contact yang diberikan
Pemesanan baju tersebut melalui akun Line milik penjual. ID nya adalah noviavalentina_ . Stelah kita add ID Line nya, kita chat untuk memesan barang.

5.      Mengirim bukti transfer
Setelah kita pesan barangnya, penjual akan mengirimkan nomor rekening untuk kita transfer harga dari barang yang kita beli itu. Karena penjual sudah tahu saya tinggal di Surabaya, maka dia langsung menambah harga dengan ongkirnya 5rb. Setelah kita transfer, kita tidak boleh lupa untuk mengirim bukti transferya ke penjual.
Setelah kita mengirim bukti transfernya, penjual akan meminta data pengiriman barang seperti nama, alamat, kota, kode pos dan nomer telepon.
6.      Menunggu barang hingga sampai
Hal yang paling terakhir dalam memesan barang secara online adalah menunggu kedatangan barang itu. Karena base dari online shop tadi adalah di Surabaya maka saya hanya menunggu 1 hari untuk barang itu datang.
Barang sudah sampai di tempat


Sekian postingan saya, terima kasih.
-Rr. Vania Maya Carissa 5114100086-

0 komentar:

Post a Comment