Wednesday, October 15, 2014

Belanja Kemeja Flannel di Instagram Mudah dan Nyaman

Era Globalisasi, adalah era dimana kita bisa mendapatkan segala kemudahan dengan instan. Contohnya adalah dalam hal berbelanja. Kini kita tidak perlu lagi pergi ke mall atau pusat perbelanjaan untuk membeli barang yang kita inginkan, tinggal search di internet, pilih sesuai selera dan done!. Media-media nya pun banyak, seperti Kaskus, OLX, Berniaga, Twitter, Facebook, Instagram dan lain-lain. Sekarang saya akan menjelaskan singkat tentang pembelian barang di instagram,yaitu kemeja flannel.

1. Buka Instagram 

Yak, Tidak perlu ditanya lagi, hal yang paling pertama kita lakukan adalah membuka instagram. Atau mungkin anda-anda belum punya akun instagram bisa langsung di buat di halaman pertama ketika anda membuka aplikasi tersebut.

 2. Search Barang

Kedua, langsung cari barang yang anda inginkan. Anda bisa search barang dengan mencari nama akun yang menjual barangnnya atau mencari barang dengan #(hashtag) barang anda. Untuk problem kali ini, saya mengesearch dengan hastag #jualflannelmurah

3. Cek Barang dan Profil Dagang

Setelah dapat barang yang anda inginkan, pilih barang itu dan anda akan langsung dialihkan ke profil pengupload foto. Cek profil penjualnya, biasanya saya melihat "tingkat" penjual itu dari banyaknya followers, jadi semakin banyak followers nya, semakin aman untuk bertransaksi dengan si penjual.

4. Kontak 

Kontak si penjual, konfirmasi apakah barang masih ada apa tidak. Lalu tanyakan harga, dan biaya pengiriman jika di perlukan. Untuk bahasan ini, harga flannel yang ingin saya beli seharga Rp.120.000 dengan biaya ongkir dari Bandung ke Surabaya Rp.20.000, jadi totalnya adalah Rp.140.000

5. Transfer

Setelah terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli, pembeli langsung diminta mentransfer sejumlah uang yang telah disepakati berdua ke rekening si penjual. Dalam kasus ini, saya diminta men-transfer 140.000 ke rekening BCA penjual. Lalu mengkonfirmasi dia apakah uang sudah ditransfer. Dan biasanya anda akan diminta untuk memberitahu nama lengkap, alamat lengkap, no hp lengkap, agar tidak terjadi kesalahan dalam pengiriman.

6. Menunggu

Setelah anda men-transfer sejumlah uang biasanya anda akan dikasi bukti resi pengiriman barang. Yang disana berisikan kode-kode yang bisa anda cek kode tersebut di webstite jasa pelayanan-kirim barang. Dan hal yang perlu anda lakukan adalah menunggu.  Yak menunggu, menunggu dengan tenang dan sabar hingga barang datang.


Sekian penjelasan singkat saya tentang berbelanja online, happy shoping~

 

Nama : I Made Fandy Aditya Wirana
NRP : 5114100026

0 komentar:

Post a Comment