Wednesday, October 15, 2014

PEMESANAN ONLINE TIKET KERETA API



Saat ini banyak masyarakat yang mulai menggunakan jasa angkutan Kereta Api sebagai alat transportasi mereka entah untuk berangkat kerja, kuliah, sekolah, berdagang dan lain sebagainya. Seiring meningkatnya peminat jasa angkutan Kereta Api, PT. KAI selaku penanggung jawab dari angkutan ini, sudah membuka pemesanan tiket kereta dengan sistem online. Dibukanya sistem pemesanan tiket online ini bertujuan untuk mengurangi penumpukan antrian di loket stasiun-stasiun, serta untuk memudahkan calon penumpang untuk memesan tiket. Berikut ini adalah langkah-langkah yang kita butuhkan untuk memesan tiket secara online.

1. Buka Situs Resmi PT. KAI
situs resmi PT.KAI untuk pemesanan tiket online adalah https://tiket.kereta-api.co.id/ .
Setelah itu pilih tanggal keberangkatan anda serta staisun dari mana anda akan berangkat dan stasiun tujuan Anda. Dan tentukan jumlah tiket yang anda butuhkan sesuai kategori umur. Setelah itu klik 'Tampilkan'.



2. Pilih Kereta yang Tersedia dengan Memperhatikan jam keberangkatan
Setelah mencari nama kereta dan jam keberangkatan yang sesuai untuk anda, klik 'Booking' untuk memesan tiket kereta tersebut.


3. Mengisi Data yang Dibutuhkan Untuk membooking tiket kereta
Isi kolom-kolom yang meliputi nama lengkap, no. identitas, alamat rumah, nomor hp, alamat email. Isi data tersebut dengan sebenar-benarnya karena jika tidak sesuai, tiket abda bisa jadi tidak bisa anda pakai saat dilakukan pemeriksaan tiket.
4. Memilih Tempat Duduk dan Jenis Pembayaran Tiket
 Untuk memilih tempat duduk klik 'pindah' disebelah kanan tengah laman web, lalu pilih kursi yang masih tersedia sesuai keinginan anda. Setelah itu pilih jenis pembayaran. jenis pembayaran ini bisa dengan berbagai cara, bisa lewat ATM, Visa, dan lain-lain sesuai yang menurut anda paling mudah.


5. Cetak Kode Booking
Sebenarnya kode booking ini cukup anda catat saja, karena hanya dibutuhkan saat melakukan pembayaran dan saat akan mencetak tiket nantinya. Pastikan anda tidak lupa dengan kode booking ini.
6. Lakukan Pembayaran Tiket
Pembayaran tiket yang paling mudah adalah melalui ATM, karena banyaknya ATM di banyak tempat. Ingat pembayaran maksimal hanya 3 jam setelah anda membooking tiket tersebut. Jika anda melebihi batas waktu untuk membayar tiket, maka tiket yang anda booking akan hangus.

7. Datang ke Stasiun dan Cetak Tiket yang Telah Anda Booking
Anda bisa mencetak tiket yang anda booking kapan saja sebelum waktu keberangkatan, dengan cara datang ke stasiun terdekaty lalu ke tempat cetak tiket mandiri.

Perlu diperhatikan anda hanya bisa memesan tiket dengan sistem online maksimal dalam waktu 2x24 jam sebelum jadwal keberangkatan.
Demikian lamgkah-langkah pemesanan tiket secara online. Semoga dapat membantu pengetahuan dan bermanfaat bagi anda.






Dibuat Oleh:
Muhammad Nezar Mahardika
5114100001





0 komentar:

Post a Comment