Tuesday, October 21, 2014

Preorder Jaket Via Facebook

Di zaman modern saat ini, perkembangan teknologi dan informasi sangatlah pesat. Apalagi hal tersebut didukung oleh jaringan internet. Berbagai jenis informasi dari suatu tempat dapat kita ketahui dalam waktu yang singkat. Sehingga hal tersebut membuat peluang usaha dalam berbagai jenis bidang bisnis. Salah satu manfaatnya adalah penjualan suatu barang atau jasa. Internet mempermudah kita dalam melakukan promosi suatu barang atau jasa, selain itu biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan promosi secara
tatap muka atau secara langsung. Berikut ini adalah salah satu pengalaman saya dalam bertransaksi secara online.

Berikut ini langkah-langkahnya:


1. Log in ke akun facebook 
Jika anda tidak memiliki akun facebook maka anda harus membuat terlebih dahulu atau anda bisa meminjam akun facebook teman anda.

Disini saya menggunakan akun fb saya sendiri

2. Mencari nama fanpage
Pada kolom pencarian ketikkan nama fanpage tempat anda akan melakukan transaksi online atau anda langsung bisa mengklik Escape Plan



Setelah anda menggetik nama tersebut, kemudian enter nama yang anda tulis dam kolom pencarian, maka anda akan dialihkan ke laman tersebut.

3.  Mencari barang yang akan di PreOrder
Sebelum mencari barang yang akan anda PreOrder alangkah baiknya anda membaca terlebih informasi yang ada sebelum anda memesan barang tersebut.


Setelah itu tentukan barang apa saja yang akan di PreOrder. Jangan lupa sesuaikan budget yang anda miliki dengan jenis barang yang anda pesan.

Disini saya memesan jaket Kenway Sail Outfit, Slaughter Head Peace, dan ACBF Cap
4. Menentukan ukuran barang
Setelah anda memilih barang yang ingin diorder, kemudian tentukan ukuran dari jenis barang yang akan anda order. Anda bisa memilih ukuran pada list circumference size, atau anda bisa memilih sesuai ukuran badan atau yang anda inginkan.

5. Mengisi form Orderan
Berikut ini adalah contoh form ordernya:
Esc Plan+ order rate(tanggal hari ini) + Nama + ID FB +Nope(wajib diisi) + Nama Barang (ukuran barang) (wajib diisi)+ Jumlah barang(wajib diisi) + Alamat rumah(wajib diisi) + kecamatan(wajib diisi) dan kab/kota + Kode Pos(wajib diisi)
Contoh :

6. Pastikan nama anda ada dalam List Order
Setelah anda memesan barang, pastikan nama anda tercantum dalam list order Escape Plan. Pada  list order tersebut anda juga dapat mengetahui apakah biaya pembayaran sudah lunas atau belum.


7. No resi
Setelah anda mentranfer semua biaya order, maka anda akan mendapatkan no resi. No resi ini sendiri merupakan kode pengiriman via JNE yang berfungsi untuk mengetahui dimana lokasi barang anda selama dalam proses pengiriman.


8. Pengiriman barang
Biasanya proses pengiriman barang berlangsung  selama 3-4 hari, namun sebelum melakukan pengriman, barang harus dipacking terlebih dahulu. Sedikit berbagi pengalaman saja, pada saat periode pengiriman barang saya telah menunggu pengiriman paket barang saya selama kurang lebih satu minggu. Kemudian, saya menjoba untuk menghubungi pihak Escape Plan. Akan tetapi, mereka mengatakan bahwa barang orderan saya telah sampai tujuan. Saya pun langsung berpikiran negatif dan mengira bahwa barang orderan saya nyasar kesuatu tempat. Kemudian saya langsung menuju kantor JNE terdekat dan menyatakan apakah barang orderan saya sudah dikirim atau belum. Ternyata barang orderan saya tersebut sudah sampai dikantor JNE, namun belum dikirim kerumah.


Gambar diatas merupakan orderan jaket kenway sail outfit yang telah lama saya tunggu-tunggu, karena ada suatu kendala jadi proses pengiriman barang orderan menjadi molor selama kurang lebih 1 bulan.

Berikut ini adalah hasil dari testimoni dari barang yang saya order.



Jadi, itu merupakan salah satu pengalaman transaksi online yang pernah saya lakukan. Intinya jika kita memesan suatu barang via online kita harus bersabar untuk menunggu proses sebelum barang kita tersebut dikirim dan sampai ketempat tujuan.

Nama : Muhamad Hendri Febriansyah

NRP  : 5114100036

0 komentar:

Post a Comment