Wednesday, October 22, 2014

Pembelian Jersey via Facebook


Transaksi online sudah bukan hal asing lagi untuk kehidupan sehari-hari. Membeli dan menjual barang di masa ini sudah tak terhalang oleh jarak. Transaksi dan komunikasi dapat dilakukan dengan mudah lewat telepon, SMS, ataupun sosial media. Bahkan disela-sela kesibukan kuliah, mahasiswa pun dapat menjadi pelaku
transaksi.
Facebook, merupakan salah satu sarana yang tepat untuk jual-beli online. Bagi penjual, ia dapat memasarkan dagangannya secara gratis dan terbuka untuk semua orang. Bagi pembeli, ia dapat memilih-milih berbagai macam pilihan barang yang dipasarkan di facebook. Tentunya, penipuan juga dapat diminimalisir karena pembeli dapat mengecek sendiri keaslian akun penjual.
Adapun facebook juga dapat membuat suatu forum transaksi. Forum ini bertjuan untuk mengumpulkan mengumpulkan info-info barang-barang apa saj yang ingin dibeli/dijual. Berikut ini adalah forum jual-beli yang meliputi daerah kawasan ITS.



Di forum ini terdapat banyak penawaran-penawaran penjualan barang dan jasa. Cari barang yang ingin dibeli, (misalnya jersey sepak bola)
Klik link akunnya. Anda akan terhubung dengan penjual dengan mengirim pesan

Atau Anda bisa melihat-lihat lagi barang-barang yang dijual di akun tersebut. Biasanya di akun tersebut juga tersedia katalog barang dan harga.
Setelah memutuskan akan membeli barang yang mana, hubungi penjual lewat pesan. Dengan berkomunikasi kita bisa menawar-tawar harga dan menentukan via pembayaran dan pengiriman

Kemudian menentukan hari transaksi. Di sini karena penjual tidak terlalu jauh, maka kami memilih via COD
Ketika transaksi, barang harus diperiksa terlebih dahulu, untuk menjaga dari kerusakan/cacat barang.



Setelah sepakat dan COD selesai, penjual akan mengupdate akun miliknya



Demikian sedikit penjelasan tentang transaksi on-line via facebook. It's Easy isn't it? :)


Nama : M Rasyid
NRP : 5114100101

0 komentar:

Post a Comment