Wednesday, October 15, 2014

Transaksi Online - Pembelian Kacamata Secara Online


Berikut adalah salah satu contoh alur terjadinya transaksi secara online yaitu pembelian barang di online shop melalui sosial media instagram yang memang merupakan salah satu sosial media yang cocok untuk pemasaran, karena selain mudah melihat produk-produk yang ditawarkan melalui foto, juga mudah dalam mengelolanya. 

Ini adalah pengalaman pembelian kacamata termudah bagi saya yang sebelumnya membeli secara langsung ke optik kacamata. Saya membelinya karena kacamata sebelumnya patah pada acara Gerigi ITS ^^ Sebagai salah satu pengguna transaksi online saya mengaku sangat senang karena kemudahan yang diberikan jika dibandingkan dengan membeli secara langsung yang tentunya akan memakan banyak waktu. Tidak lepas dari itu juga, sebenarnya pembelian barang secara online juga ada sisi negatifnya yaitu kita tidak dapat mencoba secara langsung produk yang  sekiranya ingin kita beli. 

Alur Transaksi Online :
  1. Log in ke akun instagram.com
    Jendela awal instagram
    Masukkan username dan password akun
    yang telah dibuat sebelumnya

    Tampilan profil instagram
  2. Membuka profile instagram online shop yang dituju. Nama online shop ini adalah GlitzzShop. Online shop yang berlokasi di Jakarta ini menjual berbagai jenis kacamata beserta dengan lensanya. Di bagian keterangan akun, akan terlihat contact person lanjutan melalui line untuk calon pembeli.
    Pada icon 'search' ketik username online shop yang dituju
    Tampilan profil online shop (GlitzzShop)
  3. Selanjutnya memilih kacamata yang sesuai dengan yang kita inginkan melalui foto-foto yang di-upload online shop ini. Akan terdapat keterangan singkat mengenai kode barang dan harga bingkainya di bagian caption tiap foto. 
    Berbagai model pilihan kacamata
    Kacamata pilihan beserta keterangannya
  4. Menghubungi contac person melalui aplikasi line dan bertanya mengenai spesifikasi barang yang ingin dibeli.
  5. Admin akan memberikan format pemesanan. 
  6. Memesan kacamata dengan mengirim screenshot gambar kacamata yang akan dibeli serta mencantumkan kode barang, menyertakan kebutuhan lain seperti info minus dan silinder mata kanan dan kiri serta jenis lensa, memberi info mengenai nama pembeli dan alamat serta jalur ATM yang digunakan.
  7. Setelah itu admin online shop tersebut akan memberikan tanggapan berupa persetujuan dan pemberian nomor rekening serta tenggat waktu penransferan uang.
  8. Setelah menransfer, foto struk bukti pengiriman dan kirim kembali ke admin line online shop sebagai bukti pelunasan, 
  9. Tunggu barang maksimal 5 hari, dan setelah 5 hari barang sampai ke alamat tujuan. :D
    Taraaaa~ Kacamatanya sampai ^^



    Rina Wijaya Kusuma Wardhani - 5114100021
5

0 komentar:

Post a Comment