Friday, October 24, 2014

PEMBELIAN KOMIK ONLINE



                                                   
 Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi juga berkembang dengan pesat. Tak heran perpaduan antara ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) kini menjelma menjadi sebuah amunisi untuk menaklukkan seluruh kebutuhan manusia di bumi. Salah satu contohnya adalah toko online.
Toko online terus berkembang menjadi suatu industri. Hal ini tidak perlu diragukan lagi karena semakin banyak saja masyarakat yang lebih mengandalkan berbelanja secara online dibandingkan harus mendatangi toko secara langsung. Toko online saat ini memang seakan menjadi fenomena baru yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Dikarenakan prosesnya yang mudah, efektif, dan praktis. Selain itu, belanja online juga sangat mengasyikkan. Lebih banyak penjual, lebih banyak pilihan.
Kali ini, saya memilih belanja di
bukukita.com, suatu toko buku online yang  tidak hanya menberikan solusi untuk mendapatkan buku dengan mudah dan murah. Tetapi juga  memberikan diskon dan hadiah-hadiah menarik di setiap bulannya. Berikut langkah-langkahnya :

1.      Membuka situs yang dituju
Buka website www.bukukita.com



2.      Login , jika anda belum menjadi member, registrasi terlebih dahulu dengan meng-klik “Registrasi anggota baru” > isi data > klik “Daftar”

Setelah itu, akan muncul pemberitahuan bahwa registrasi anda berhasil
               
Selanjutnya anda bisa login dengan menggunakan user name dan password anda.

3.      Kembali kehalaman utama, dan cari barang yang diinginkan. Selanjutnya akan muncul hasil pencarian, Jika barang yang diinginkan sudah ditemukan dan cocok, klik “Beli”

Selanjutnya akan muncul keranjang belanja, Klik “Lanjutkan” sampai muncul form pembayaran untuk melanjutkan transaksi
   
4.      Mengisi form pembayaran untuk menentukan alamat pengiriman dan cara pembayaran. Disini anda bisa memilih metode pembayaran yang anda inginkan. Jika anda memilih transfer , tentukan melalui bank apa anda akan mentrasfer




5.      Kemudian akan muncul konfirmasi transaksi untuk memastikan bahwa semua data yang diisikan benar, serta memberi tahu semua biaya yang dikenakan ( plus ongkos kirim )

6.      Selanjutnya anda akan diarahkan untuk mengisi konfirmasi pembayaran yang merupakan tahap semi akhir dari transaksi ini

Selanjutnya periksa email anda, karena keputusan diterima atau tidaknya akan dikonfirmasi ulang melalui email

7.      Transfer uang sesuai harga yang ditentukan , ini adalah bagian terpenting, karena konfirmasi tidak akan ditanggapi dan barang tidak akan dikirim sebelum menyelesaikan tahap ini. Ini adalah bukti pembayaran saya


8.      Menuggu barang datang, pengiriman barang menbutuhkan waktu sekitar 3- 5 hari. Dan akhirnya, 4 hari kemudian barang datang

Tetapi ini masalah yang sering terjadi, seperti yang saya alami, barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan yang saya inginkan. Oleh karena itu, bagi anda para pelaku jual beli online dan terlebih bagi anda yang masih awam seperti saya tentang transaksi dunia maya, berhati-hatilah!.

Belanja online juga banyak memiliki kekurangan, diantaranya :
  • Seringkali terjadi kasus penipuan di mana barang tidak dikirim setelah pembeli melakukan pembayaran
  • Fisik serta kualitas barang bisa saja tidak sesuai dengan apa yang diharapkan
  • Pembeli biasanya dikenakan biaya transportasi
  • Pembeli tidak dapat melihat bahkan mencoba barang yang ingin dibeli
  • Memerlukan waktu agar barang sampai di tempat karena adanya proses pengiriman

Dimana ada kekurangan pasti ada kelebihan, adapun kelebihannya yaitu :


  • Tidak terikat dengan tempat dan waktu
  • Tersedia banyak pilihan toko online yang tentunya menawarkan produk yang bervariasi
  • Lebih menghemat waktu dan tenaga
  • Kita dapat dengan mudah membandingkan produk serta harga dengan toko-toko online yang lainnya

Oleh karena itu,
CERMATLAH DALAM BERBELANJA!!!


Riyadlatin Nufus
5114100151






0 komentar:

Post a Comment