Thursday, October 16, 2014

Pembelian Perangkat Keras Melalui Situs Online

Di zaman di mana teknologi terutama internet sangat mudah di akses, hampir semua kebutuhan manusia mulai dari informasi, jasa, barang dan lain-lainnya tersedia. Dahulu, kita harus pergi ke suatu tempat seperti mall, supermarket, tempat perbelanjaan dan lain-lain untuk mendapatkan barang yang kita butuhkan. Namun sekarang, hampir semua barang tersebut tersedia di internet.  Salah satu contohnya adalah pembelian perangkat keras melalui toko online di internet. Menurut saya, membeli perangkat keras online sangatlah mudah karena daftar barang disajikan dengan rapi dan mudah di cari. Lalu informasi setiap produknya juga tersedia dengan lengkap. Proses yang dibutuhkan juga tidak terlalu lama. Tetapi harus diakui proses pengiriman memang membutuhkan waktu tergantung dari jasa pengiriman yang digunakan. Ini adalah kedua kalinya saya membeli perangkat keras di toko online ini. Berikut adalah proses pembelian yang saya lakukan:


1. Membuka website toko online yang menjual barang yang kita inginkan 
Saya memilih bhinneka.com untuk membeli perangkat keras yang saya butuhkan.

2. Memilih kategori barang 
Saya menekan tombol Peripheral dan memilih Memory notebook di bagian memory yang tersedia di drop down box website tersebut.


3. Melihat barang yang tersedia 
Saya melihat-lihat perangkat memory ram yang sesuai untuk notebook saya.



4. Memilih barang yang sesuai dengan keinginan 
Saya memilih produk tersebut karena sesuai dengan spesifikasi notebook saya dan masuk kriteria yang saya inginkan.



5. Menekan tombol beli
Saya menekan tombol beli untuk melanjutkan ke proses berikutnya.




6. Memilih metode pembayaran yang diinginkan 
Saya memilih pembayaran penuh meskipun bisa memilih opsi cicilan




7. Menentukan jasa pengiriman dan kota tertuju 
Saya memilih JNE karena pelayanan yang baik dan memasukkan kota Surabaya dan daerah di mana saya tinggal.

8. Login anggota 
Saya telah menjadi anggota bhinneka.com. Sehingga saya hanya butuh untuk memasukkan email dan password untuk melanjutkan transaksi.

9. Memilih metode pembayaran yang diinginkan
Saya memilih transfer bank untuk metode pembayaran karena mudah, langsung dan praktis.

10. Memasukkan data pembeli dan alamat
Karena saya telah menjadi member, jadi saya tidak butuh memasukkan data pembeli dan alamat untuk pengiriman. Menekan tombol lanjut untuk konfirmasi pembelian.

11. Membuka Email
Membuka Email untuk melihat konfirmasi pembelian barang

12. Melakukan pembayaran 
Mentransfer uang ke rekening yang telah diberikan.

13. Mengkonfirmasi pembayaran di website
Mengisi kode pembelian, jumlah yang ditransfer, tanggal pembayaran dan catatan.

14. Pengesahan pembayaran 
Pengesahan pembayaran akan di Email untuk menjadi bukti bahwa barang telah dibayar.

15. Pengiriman pesanan 
Konfirmasi pesanan telah dikirim melalui pemberian nomer resi pengiriman

16. Melacak keberadaan barang 
Memasukkan kode pembelian untuk mengetahui status barang apakah sudah di kirim atau belum dan posisi terakhir barang. 


17. Barang tiba di tangan pembeli
Barang telah di terima pembeli dengan selamat dan sesuai dengan spesifikasi barang. Pemaketan yang sangat rapi dan aman membuat barang yang ada di dalam tidak mudah rusak.



Pembelian barang melalui website memang terbukti memudahkan kita terutama bagi mereka yang disibukkan oleh kepentingan-kepentingan lain dan tidak sempat untuk pergi ke suatu tempat untuk membeli barang. Proses yang dibutuhkan memang tidak terlalu rumit dan bisa dilakukan dengan waktu yang tidak lama. Namun harus diingat bahwa tidak semua toko atau penyedia jasa online terpercaya. Sebagai konsumen, kita harus pintar-pintar untuk memilih website/penjual di mana kita akan bertransaksi. Tidak jarang ada konsumen yang ditipu karena melakukan transaksi di website/penjual yang tidak jelas. Saran saya dalam bertransaksi online adalah untuk mengecek dan melihat testimoni atau komentar konsumen lain tentang website/penjual tersebut dan untuk melihat tampilan website penjual. Jika tampilan website terkesan tidak niat dan tidak menunjukkan adanya bukti transaksi sebelumnya, sebaiknya dihindari. Membeli barang online memang mudah, cepat, praktis dan menyenangkan tetapi kita harus ingat bahwa ada resiko-resiko yang harus diperhatikan sebelum melakukan transaksi. Selamat berbelanja :D

Aditya Ikhsan
5114100186

0 komentar:

Post a Comment