Monday, September 18, 2017

V-LIVE BROADCASTING APP

                                                

V-LIVE BROADCASTING APP




Berbicara mengenai teknologi memang tidak ada habisnya. Perkembangan teknologi terus terjadi dari hari ke hari. Jika ditanya apa teknologi yang berkesan bagi saya, maka saya akan menjawab banyak. Tapi jika diharuskan memilih satu, saya akan memilih V-LIVE BROADCASTING APP.

Apa itu V-LIVE BROADCASTING APP? 

V-LIVE BROADCASTING APP merupakan sebuah layanan global yang dikembangkan dari kerja sama antara perusahaan-perusahaan manajemen hiburan utama Korea dan perusahaan layanan mobile internet Korea, NAVER. Aplikasi berbasis live video dan real-time chatting ini memang dirancang khusus untuk para idol biar dapat terhubung dengan fansnya di seluruh dunia, begitu pula sebaliknya. Mengapa saya sangat menyukai aplikasi ini? Pada dasarnya, saya adalah seseorang yang menyukai hal hal berbau korea, atau biasa disebut kpopers. Adanya aplikasi ini memungkinkan saya untuk berinteraksi dengan idola saya.

Di dalam aplikasi ini terdapat channel channel resmi milik idol kpop. Biasanya, satu idol grup memiliki dua channel, satu channel tak berbayar dan satu channel berbayar. Channel berbayar disebut Channel +. Hanya akun akun yang berlangganan yang bisa menonton video dalam channel ini. Meskipun begitu, tetap tersedia trial video yang bisa ditonton semua pengguna selama kurang lebih satu menit. Berbeda dengan channel biasa yang menyediakan live video dari para bintang, Channel+ ini tidak menyediakan live video, melainkan video bisa dan dapat ditonton kapan saja.

Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah. Kita tinggal membuat akun menggunakan email atau bisa juga log in menggunakan aplikasi LINE dan Facebook. Setelah memiliki akun, kita dapat memfollow channel idol star yang kita sukai. Masing masing akun memiliki level yang berbeda beda. Semakin tinggi levelnya, berarti akun pengguna tersebut aktif yang sering digunakan.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur, diantaranya :

1. Live video
Fitur ini merupakan fitur utama pada V-LIVE BROADCASTING APP. Bintang-bintang korea biasa menyapa fans mereka di seluruh dunia dengan live video. Live video ini dilengkapi dengan comment yang diwakili oleh ikon callout, untuk memberikan komentar. Nah, disinilah saya bisa melakukan real-time chatting dengan idola saya. Saya biasanya memberikan berbagai macam komentar, mulai dari hanya sekadar menyapa, sampai menanyakan beberapa pertanyaan kepada idola saya. Walaupun tidak semua komentar yang saya berikan dibaca atau dijawab oleh idola saya, tapi saya merasa senang karena dapat memenuhi keinginan saya untuk berbicara dengan mereka. Walaupun secara tidak langsung, hehe. Selain comment, terdapat juga like yang digambarkan dengan ikon hati. Like ini dapat ditekan berkali-kali. Semakin banyak maka semakin bagus. Pada live video juga terdapat share. Share ini digunakan untuk membagikan link live video ke berbagai media sosial, seperti LINE dan WhatsApp.

2. Star following
Keuntungan fitur ini adalah dapat segera memberikan notifikasi apabila channel yang kita follow melakukan Live video. Jadi kita tidak akan ketinggalan live video dari sang idola.

3. Chatting
Selain berinterksi dengan idol, kita juga dapat berinteraksi dengan sesama fans di seluruh dunia. Hal ini membuat saya mendapatkan teman baru dari berbagai negara. Tentunya sesama kpopers juga, hehe.

4. Replay
Tidak semua fans dapat menyaksikan live video idola mereka. Aplikasi ini menyediakan fitur replay untuk memutar ulang  video live. Tidak ada batas penyimpanan untuk fitur replay ini, jadi video live dapat diputar ulang kapan saja. Kelebihan fitur ini adalah terdapatnya subtitle pada video, jadi fans akan lebih mudah memahami apa yang idola mereka bicarakan. Subtitle ini bisa dibuat oleh channel itu sendiri atau bisa juga dari akun akun pengguna. Subtitle yang disediakan pun memiliki ragam bahasa yang banyak, diantaranya Indonesia, English, dan Spanish. Video replay baru dapat diputar setelah satu jam video live berakhir.



Selain fitur, di aplikasi ini juga terdapat menu, seperti:

1. MY
Dalam menu ini, kita dapat melihat channel-channel yang sudah kita follow. Mulai dari profile sampai video video nya.

2. NEW
Di dalam menu New, kita dapat melihat video-video yang baru saja diupload oleh berbagai channel. Video dapat berupa vide tayangan ulang atau replay maupun video biasa.

3. CHARTS
Dalam charts terdapat video dan channel yang telah diurutkan peringkatnya menurut kepopularan masing-masing channel dan video. Perankingan kepopularan ini dilakukan setiap hari, minggu, dan bulan. Berdasarkan asal negaranya, charts dikelompokkan menjadi beberapa countries& regions.

4. Search
Menu ini mempermudah pengguna untuk mencai video yang diinginkan.

5. Upcoming
Nah, disini kita bisa tau siapa saja yang akan melakukan live video selanjutnya. Hal ini memudahkan fans untuk bersiap siap menonton live video si idola.

6. Store
Di menu store ini, pengguna dapat membeli produk-produk yang ditawarkan berbagai channel, seperti sticker para bintang dan video-video eksklusif dari berbagai channel.



Meskipun fitur utama pada aplikasi ini adalah live video, video yang terdapat dalam V-LIVE BROADCASTING APP tidak selalu berupa video live. Ada juga video yang memang diupload untuk ditonton kapan saja, sama seperti halnya Youtube. Untuk menggunakan aplikasi ini dibutuhkan koneksi internet yang cepat, karena interaksinya dilakukan melalui video. Cakupannya pun tidak hanya beberapa negara saja, tapi seluruh dunia. Selain video, sekarang V-LIVE BROADCASTING LIVE juga menyediakan fitur posting. Channel atau akun-akun  dalam aplikasi ini dapat mengunggah kabar berita terkini para selebriti korea. Hal ini memudahkan para fans dalam mengetahui keadaan terkini idola mereka.

Mengapa aplikasi ini berkesan bagi saya ?
Suatu hari, setelah sahur di bulan Ramadhan kemarin, idola saya melakukan live video. Setelah selesai, saya iseng masuk ke sebuah chat room internasional. Kata-kata yang saya ketik adalah "Hello, I'm Kiki. Nice to meet you guys."Ini merupakan chatting pertama saya dengan bahasa Inggris, dan dengan orang asing pula. Ternyata, orang-orang di chat room sangat welcome dengan saya. Mereka membalas chat saya, kemudian menanyakan asal negara, umur, dan lain-lain. Room chat itu terus ramai sampai berhari-hari. Lama kelamaan, chatting di room aplikasi ini terasa membosankan bagi kami. Kami menginginkan sesuatu yang lebih, akhirnya kami memutuskan membuat grup LINE. Dari grup LINE ini kami semakin dekat dan tahu kenal satu sama lain. Kami sering bertukar foto, bahkan melakukan freecall. Komunikasi kami masih terjalin dengan baik hingga sekarang.

Bagi pecinta korea seperti saya, V-LIVE BROADCASTING APP menjadi salah satu aplikasi yang wajib dipasang di handphone. Dari aplikasi ini pula saya mendapatkan teman baru dari berbagai negara. Jadi, jika teman teman ingin merasakan keasyikan mengobrol dengan artis-artis korea, segera download V-LIVE BROADCASTING APP di Play Store atau App store.

Atika Rizki Nurakhmah
05111740000015

4 komentar:

  1. Saya coba log in kok gak bisa knp ya?slalu salah sandi,padahal sandi nya sdh betul.atau harus buat akun dulu?buat nya di mana?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete