Monday, September 18, 2017

Video 360°, Langkah Awal Youtube Menuju Dunia Virtual.

Video 360°, Format Terbaru Video Youtube.


Youtube merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar dan terpopuler di dunia.. Youtube membagikan berbagai macam video seperti, film pendek, video dokumentasi, video pembelajaran dan lain-lain. Kini format video yang ditampilkanpun sudah makin beragam. Sekarang Youtube mempersembahkan teknologi video yang membuat pengguna Youtube seakan-akan berada didalam video tersebut. Yakni Video 360°, fitur ini mulai diluncurkan pada tahun 2015.

Apa Itu Video 360 °?


Teknologi video 360 ° adalah format video dimana kita dapat melihat keseluruhan bagian dari video yang diputar di Youtube. Bila biasanya kita hanya bisa melihat jangkauan video yang direkam oleh kamera, namun dengan video 360 ° kita dapat berinteraksi dengan bagian samping atau belakang dari video tersebut. Pengalaman menonton video 360 ° akan menyajikan sebuah pengalaman yang terasa lebih nyata.

Mekanisme Penggunaan Video 360 °.


Mengatur Sudut Pandang Video

Bagi para pengguna Android yang menggunakan aplikasi Youtube, kita bisa menggunakan layar touch screen pada gadget kita untuk menggeser sudut pandang video. Youtube juga menyediakan 4 tombol navigasi untuk memudahkan kita menonton video 360 ° agar lebih leluasa. Kita juga bisa mengkombinasikan fitur VR pada smartphone sehingga kegiatan menonton video terasa lebih menyenangkan.

Tidak hanya para pengguna Android saja yang bisa menikmati teknologi ini, sebab pengguna Youtube yang mengakses melalui website Youtube atau  Google Chrome juga bisa melakukan hal yang sama dengan menggunakan mouse sebagai navigasi.
    



Tidak hanya sekedar mengasyikkan untuk ditonton, video 360 ° juga dapat membantu meliput berita dan menghasilkan akurasi rekaman yang lebih baik daripada video biasa. Mengabadikan gol-gol indah atau momen kemenangan kompetisi olahraga pasti jadi semakin elegan dan berkesan dengan fitur video 360 °.

Menjangkau belahan dunia lain akan semakin terasa mudah melalui perkembangan teknologi. Semoga teknologi akan membuat kita semakin bijak dan semakin dekat dengan orang-orang tercinta yang tinggal berjauhan.


Pengalaman Pribadi.


Pertamakali saya menggunakan fitur youtube ini saat berada di bangku SMA kelas 3, pada saat itu hanya segelintir Smartphone yang memiliki fitur VR, pada waktu itu teman saya baru saja membeli hp dan support VR. Dia membawa kacamata khusus VR ke sekolah. Tidak rela melihat kacamata tersebut mengganggur, maka kami satu kelaspun memanfaatkanya agar lebih berguna. Kami mulai mencoba dan mengeksplore fitur VR. Teman saya menyarankan agar menggunakan fitur video 360 °  milik Youtube.

Kamipun mulai mencoba satu persatu jenis video dari mulai video rollercoaster, video animasi, video sportdan pada akhirnya saya mendapatkan giliran melihat video horror. Pada saat itu masih heboh video conjuring 2, dengan tokoh favorit Valak. sayapun mulai  menikmati fitur 3D-nya, kemudian muncul bayangan sesosok valak yang menuju sebuah bingkai dan tiba tiba dalam sekejap mata valak muncul keluar dari sebuah lukisan. Pada saat itu saya tidak teriak ketakutan maupun bersikap aneh karena saya sedang asyik melihat-lihat video sekitar, saya baru menyadari bahwa hantu Valak muncul dari arah belakang saya. Saya tahu valak muncul dari lukisan menurut cerita teman-teman. Itulah pengalaman berkesan saya menggunakan teknologi video 360 °. Walaupun bisa dikatakan gagal.





Muhammad Yusuf Mukharom
05111740000051

0 komentar:

Post a Comment