Monday, September 18, 2017

Absensi Sidik Jari

Absen sidik jari merupakan suatu metode baru yang saat ini telah berkembang menggunakan mesin menggunakan bantuan aplikasi buat mengisi data kehadiran suatu komunitas,gerombolan  meupun instansi yg menggunakannya. Mesin absensi sidik jarididesain spesifik dengan teknologi terdepan saat ini.

Scanning sidik jari dilakukan menggunakan alat elektronika (pada hal ini mesin absensi sidik jari). Yang akan terjadi scanning kemudian disimpan dalam format digital di ketika pendaftaran  atau enrollment atau pendaftaran  sidik jari. Sehabis itu, rekaman sidik jari tadi diproses dan  dibuatkan daftar pola fitur sidik jari yang unik. Pola fitur sidik jari yg unik tersebut kemudian disimpan dalam memory atau database. Pola sidik jari yg unik ini dianggap dengan kata minutiae. Pada waktu identifikasi, pola minutiae tersebut lalu dicocokkan dengan akibat scan sidik jari.

Alat absensi sidik jari juga sensor sidik jari yang dipergunakan untuk keperluan lain seperti akses kontrol mempunyai beberapa tehnik pembacaan sidik jari.

1.Kelebihan asal absensi sidik jari
a. Harga yang cukup lebih murah dibanding sistem biometrik lainnya.
b. Tidak memungkinkan penitipan absen
c. Data eksklusif masuk ke komputer, bisa pribadi diolah buat pembuatan laporan.
Sensor yang dipergunakan buat mendeteksi sidik jari memakai sistem optikal, dimana pendeteksian dilakukan menggunakan pembacaan kontur (tinggi rendahnya permukaan) sidik jari dan  listrik tidak aktif tubuh. Hal ini membentuk tingkat keamanan yg tinggi karena tidak mampu dipalsukan menggunakan fotocopy sidik jariatau sidik jari tiruan.

2. Kelemahan pada system absensi sidik jari
Sensor sidik jari tidak mampu mengenali jari yg basah. Untuk siswa yang tangannya sering berkeringat,akan sedikit kesulitan ketika absensi. Umumnya dengan membersihkan jari, sudah relatif mengatasi persoalan ini. Ketika jari basah discan, maka bercak air akan menganggu pola sidik jari sebagai akibatnya tidak mampu dikenali pola sidik jari tadi.


Hal yang membuat saya terkesan adalah, teknologi absen sidik jari merupakan teknologi yang sangat mudah digunakan, kita hanya menepelkan jari kita pada alat tersebut, tidak ada titip absen, dan teknologi tersebut paling terbaru bagi saya

I Gede Agung Krisna Pamungkas
05111740000135

0 komentar:

Post a Comment