Monday, September 18, 2017

Ponsel Pintar



Ponsel Pintar

Pada era ini, ponsel pintar atau smartphone sudah menjadi bahan kebutuhan primer dikalangan masyarakat. Semua orang memiliki smartphone, kalaupun belum maka smartphone pasti ada didalam daftar barang yang akan dibeli. Ponsel sebenarnya telah muncul dan menjelma sejak puluhan tahun yang lalu. Namun sekarang penggunaan ponsel sangat meluas dan tidak terbatas hanya dengan telpon dan sms. Oleh karena itu ponsel sekarang disebut dengan tambahan kata “pintar”. Hal ini karena ponsel sekarang ini dianggap lebih pintar daripada ponsel beberapa tahun yang lalu. Kehidupan manusia dengan smartphone seolah-olah tidak akan pernah teerpisahkan. Mungkin masyarakat modern tidak akan bisa hidup tanpa adanya smartphone.
Beberapa penggunaan yang sangat penting dalam smartphone antara lain, yang pertama adalah tentu saja telpon dan sms. Dengan adanya telpon dan sms maka dapat memudahkan orang untuk berhubungan atau berbincang-bincang satu sama lain. Jarak yang sangat terlampau jauh bukanlah halangan untuk tetap berhubungan dengan orang lain. Sebenarnya kegunaan ini yang dianggap sebagai fungsi utama dari penciptaannya ponsel itu sendiri. Jadi, kalau ponsel tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain maka tidak tepat barang tersebut untuk disebut ponsel. Fungsi telpon dan sms yang sudah tersedia pada seluruh ponsel sudah mulai tidak digunakan karena penggunaannya mulai tergantikan oleh aplikasi lain yang menggunakan internet sebagai penggunaannya. Selain itu penggunaannya sudah lebih kompleks daripada fitur yang ada di ponsel biasa. Bukan hanya bisa mendengar suara, sekarang fitur video call yang dapat mempertemukan penggunanya secara online dimana penggunanya dapat saling melihat lawan bicara pada saat menggunakan fitur tersebut. Selain itu, berbagi foto dan video kini juga bisa dilakukan dengan smartphone. Beberapa aplikasi yang menggunakan fitur tersebut antara lain, Whatsapp Messenger, LINE, Facebook messenger, Instagram, dll.
Fungsi yang sangat penting kedua adalah penggunaan internet. Dengan adanya internet maka kegiatan berselancar atau surfing yakni kegiatan mengakses internet untuk melakukan beberapa aktivitas di dunia maya. Penggunaan internet tentu menambah ke”smart”an ponsel tersebut. Dengan adanya penggunaan internet ini maka tentu aplikasi media social dan software pencarian bisa digunakan. Salah satunya Google dan banyak fiturnya yang tentunya akan membuatmu lebih smart dari sebelumnya.
Yang ketiga, adanya fungsi kamera. Dengan adanya kamera kita dapat mengabadikan momen-momen yang penting bagi kita. Kita tidak perlu lagi membeli kamera karena smartphone sudah menyediakan kamera. Kita dapat menyimpan video ataupun foto hasil karya kita sendiri. Sekarang ini kualitas kamera menjadi salah satu unggulan dan para produsen berlomba-lomba untuk menyediakan fitur kamera yang sngat mumpuni bagi para penggunanya. Hal ini berhubungan dengan sedang maraknya media social yang biasanya memerlukan atau banyak orang yang tergila-gila mengupload hasil media kameranya ke akun media social mereka.
            Banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari smartphone. Namun kebijaksanaan para pengguna merupakan salah satu hal yang terpenting juga. Sudah banyak sekali orang yang menyalahgunakan fungsi smartphone sendiri. Fungsi yang seharusnya membuat kita lebih “smart”, namun malah membuat kita menjadi kebalikannya. Penggunaan smartphone terlalu lama dan sering juga dapat mengganggu kesehatan mata. Oleh karena itu alangkah baiknya kita menggunakan smartphone seperlunya saja. Ketagihan smartphone juga seringkali membuat kita melupakan hal yang terpenting atau kewajiban kita yang harus kita lakukan.

Arief Prasetyo
05111740000021

0 komentar:

Post a Comment