Monday, September 18, 2017

Artificial Intelligence, masa depan umat manusia

Artificial Intelligence atau AI di dalam bahasa indonesia berarti “kercerdasan buatan” adalah sebuah teknologi yang telah berkmbang dengan pesat akhir akhir ini. AI sebenarnya sudah lama dikembangkan dan di aplikasikan walau cakupan penaplikasiannya tidak seluas sekarang. Dulu, AI sering diaplikasikan dalam aplikasi game untuk melawan pemain game tersebut(Player). Dalam sejarahnya, AI memang telah mengalahkan manusia di permainan-permainan logika, contohnya permainan catur, dimana sebuah superkomputer bahkan berhasil mengalahkan seorang grandmaster catur.

AI adalah sebuah teknologi yang memberikan kesan mendalam terhadap saya. Karena dengan AI, hampir semua pekerjaan dunia ini bisa digantikan dengan AI. Tentunya hal tersebut adalah sebuah hal yang sangat mengejutkan atau bahasa kerennya, “mindblowing”. Dengan AI kita bisa memangkas banyak pekerjaan sederhana, contoh yang sekarang telah terjadi adalah pembuatan mobil yang telah memakai tangan tangan robot menggantikan tangan manusia. Contoh lain adalah seperti AI yang dibuat oleh perusahan Apple, yaitu SIRI. Dengan SIRI, kita bisa mengatur jadwal, mencari pengetahuan bahkan menanyakan arah jalan. Produk apple tersebut sudah bisa menggantikan asisten manusia yang tentunya manusiawi(kerap melakukan kesalahan).

Menurut saya masa depan umat manusia terletak pada teknologi AI ini. Dengan teknologi AI kita bisa menghilangkan semua pekerjaan yang ada dan membuat bumi ini sebuah dunia utopis dimana manusia tak harus bekerja untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Tangan-tangan produksi yang diperankan oleh manusia akan diperankan oleh tangan robot. Pengaturan lalu lintas, prediksi cuaca, pencarian sumber energi, semua ini bisa dilakukan otomatis tanpa campur tangan manusia dengan AI yang memadai. Menurut saya, suatu hari nanti, orang orang yang masih bekerja hanyalah orang orang yang membuat AI itu sendiri, dan mungkin, AI itu sendiri lah yang akan membuat AI lain.



Tulisan karya:
M.Rafi Fadhilah
05111740000075

0 komentar:

Post a Comment