Monday, September 18, 2017

Sistem Pengendali Pada Mobil

Sistem Pengendali Pada Mobil

Hasil gambar untuk mobil mr bean

Waktu itu saya sedang berlatih untuk mengendarai mobil. Awalnya saya merasa kesusahan untuk mengendalikan mobil karena saat itu saya berpikir mengendalikan mobil sangatlah susah dengan terdapatnya gas,rem, kopling, dan persneling yang melihatnya saja saya sudah kebingungan. Tetapi setelah saya sering berlatih , dan melihat tutorial yang ada di internet, saya mulai menyadari kalau menyetir mobil hanya perlu kebiasaan untuk berlatih, dan menyesuaikan diri dengan keadaan jalan saat berkendara. Semakin hari saya sering mengendarai mobil saya menyadari bahwa menciptakan sistem pengendali mobil seperti itu sangatlah tidak mudah, harus ada orang-orang cerdas yang dapat memikirkan ide secemerlang itu untuk menciptakan sistem pengendali yang sangat mudah dikendalikan oleh manusia. 


Hasil gambar untuk persneling


Saya terkesan dengan sistem dimana kita dapat mengatur persneling kita dengan menekan kopling terlebih dahulu lalu persneling masuk lalu kopling dilepas pelan-pelan dan gas ditekan pelan-pelan agar mobil bisa jalan lebih cepat dari sebelumnya, sungguh ide yang bukan main-main untuk membuat sebuah sistem seperti itu. Sebenarnya sistem tersebut hampir sama dengan sistem pengendali pada sepeda motor kopling , bedanya hanya penggunaannya yang dengan tangan saat menekan kopling dan gas. Tetapi rasanya berbeda saat mengendarai mobil mungkin resiko yang lebih besar namun kita dapat mengantisipasinya dengan pengendali yang sederhana. 





Ketika kita terdapat di jarak yang dekat dengan pengendara yang ada di depan kita tinggal menekan kopling saja berikutnya kita tinggal menunggu apakah pengendara yang ada di depan akan berhenti apa tetap terus berjalan kalau berhenti kita tinggal menekan rem dengan tetap menginjak kopling, atau menginjak gas bila pengendara di depan terus berjalan. Pengaturan pada kopling adalah ide yang sangat cemerlang kita dapat mengendalikan mobil dengan tenang tanpa perlu takut bila kita sudah memahami pengendalian pada kopling sehingga dapat mengatasi saat terdapat kejadian yang mungkin membahayakan kita.  Robert Hooke adalah yang menciptakan kopling yang terdapat di kendaraan bermotor saat ini. Suatu saat saya juga ingin seperti Robert Hooke yang menciptakan sesuatu yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat.








Nama : Garda Negara Wisnumurti
NRP   : 05111740000153
Kelas  : STI C

















0 komentar:

Post a Comment