Monday, September 18, 2017

Virtual Reality

Virtual reality adalah teknologi yang dapat membawa ‘dunia nyata’ ke dunia maya. Maksudnya adalah user akan dapat melihat, dan merasakan sensasi nyata saat menggunakan alat virtual reality. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat berinteraksi dengan lingkungan nyata dengan menggunakan headset virtual reality. Teknologi ini semakin berkembang setiap tahunnya, dan mulai booming di abad ini.
            Sebenarnya, teknologi VR(Virtual Reality) mulai dikembangkan sebelum tahun 1900 oleh Antonin Artaud. Dari perkembangan dari tahun ke tahun, seiring berkembangnya teknologi, VR semakin maju. Di tahun 2016 kira-kira ada 230 mengembangkan produk VR. VR memiliki banyak fungsi, diantaranya video games, film dan entertainment, social science dan psikologi, kesehatan, edukasi, teknik, dan lain-lain. Salah satu perkembangan VR yang menggemparkan dunia adalah pembelian produk oculus rift oleh Facebook seharga $2 milliar.
            Perkembangan yang paling pesat dalam bidang VR adalah dalam bidang game. Pada tahun 2011 Valve, sebuah perusahaan game terbuka, membuat headset VR untuk di jual ke masyarakat umum. Semenjak itu banyak game-game yang dikembangkan dalam konsep VR. Karena kecanggihan teknologi, tentunya dibutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi pula. Tapi dengan spesifikasi yang tinggi juga akan menghasilkan sensasi yang tiada tara.
            Perkembangan VR tidak berhenti pada komputer saja. VR sudah dikembangkan dalam android ataupun ios. Pengguna android dan iphone sudah dapat menikmati teknologi VR menggunakan VR box. Tapi VR yang ada di android ini tentunya tidak dapat mengalahkan sensai yang dirasakan apabila menggunakan VR yang ada di komputer.

            Sampai hari ini VR terus dikembangkan dan pastinya akan semakin maju. Kedepannya mungkin VR ini akan memasuki kehidupan manusia. VR dapat membantu kehidupan manusia ke arah yang lebih baik.  Lama kelamaan garis dimensi realita dan maya akan semakin pudar dan kemudian akan hilang. Kehidupan dunia maya dan realita akan serasa tidak ada bedanya.


Bobbi Aditya
STI C
05111740000099

0 komentar:

Post a Comment