Monday, September 18, 2017

Jalan jalan? Ajak mereka!

Di era kemajuan teknologi dan informasi saat ini, kegunaan dan fungsi hp berubah. Handphone kini berevolusi menjadi smarthphone. Bukan lagi hanya berguna sebagai alat komunikasi untuk telpon dan menerima/mengirim pesan. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam memanfaatkan hp sebagai teman. Hp kini sudah disediakan dengan ribuan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis maupun berbayar. Namun aplikasi-aplikasi yang

Aplikasi pertama ialah Traveloka, ini adalah aplikasi wajib ada ketika kita sedang jalan-jalan. Banyak manfaat yang disediakan di dalamnya, ialah reservasi tiket pesawat/kereta api, booking hotel, beli tiket tempat wisata, isi ulang pulsa maupun data paket, dan banyak fitur lain, khususnya bagi para backpacker sejati atau orang orang yang ingin jalan jalan dengan harga termurah, seperti promo, price albert dimana kita akan mendapat notifikasi yang sudah kita atur ketika kita sudah menentukan tujuan tertentu dengan harga tertinggi, budget room yaitu tempat tinggal dengan harga yang sangat terjangkau, hingga last minutes hotel dimana kita bisa mendapatkan hotel di malam itu juga dengan harga terendah yang ada. Sebenarnya aplikasi seperti ini banyak. Namun saya lebih suka Traveloka karena user-interface yang friendly, harga yang tidak dibuat tinggi bahkan terkadang harga yg tertera bisa lebih murah dibanding beli tiket maupun booking hotel secara langsung, dan dukungan pembayaran yang mudah tidak mengandalkan kartu kredit dimana tidak semua orang memilikinya.

Jalan jalan di kota orang tak selamanya kita harus jalan. Ketika hendak ingin naik kendaraan umum terkadang kita bingung jurusan atau rute kendaraan umum tersebut. Sehingga aplikasi ini juga diperlukan, yaitu Go-Jek, Grab, dan Uber. Kenapa saya sebutkan semua? Karena mereka memiliki fitur yang berbeda beda. Dan terkadang ketiga aplikasi tersebut ada yang masih belum masuk ke semua kota di indonesia. Sedikit fitur akan saya ulas. Go-Jek lebih direkomendasi ketika kita hanya membutuhkan kendaraan roda 2 untuk 1 penumpang, Karena go-jek memberikan harga yang relatif lebih murah dibandingkan yang lain untuk pemesanan kendaraan roda 2. Sedangkan untuk kendaraan roda 4 harga Go-Jek lebih mahal sehingga bisa kita gunakan layanan dari uber atau Grab. Ketiganya memiliki kesamaan fitur berupa jika kita memiliki saldo dalam akun kita dan saat memesan kendaraan kita menggunakan saldo biasanya biaya harga lebih murah dibanding bayar secara cash, dengan uang tunai.

Dua jenis aplikasi tersebut hampir tidak pernah saya tidak membukanya ketika jalan jalan. Selain aplikasi tersebut terkadang kita juga membutuhkan peta yang biasanya sudah ada di hp kita, untuk kita memeriksa rute rencana perjalanan ke lokasi yang akan kita tuju hingga mengetahui ada tempat menarik apa aja di sekeliling kita.

Namun bagaiamana untuk jalan jalan dengan kendaraan pribadi tanpa seorang pemandu, Sedangkan kita tidak tau jalan yang pasti. Disini aplikasi Waze sangat membantu. Waze adalah aplikasi navigator dimana ia dapat menunjukkan arah perjalanan seakurat mungkin. Lalu, kenapa waze? Maps yang tersedia kab juga bisa? Tidak, maps ya peta. Peta digunakan untuk melihat posisi kita, sedangkan navigator ialah pemandu ke arah tujuan. Kedua aplikasi ini memiliki spesialisasi tertentu dimana maps bisa melihat banyak landmark dan keterangannya sedangkan waze, navigator, tidak bisa. Namun maps tidak dapat memandu kita dengan benar malah kita disesatkan di perjalanan sedangkan waze, navigator, bisa memandu dengan efektif dan efisien. Mungkin ada beberapa mobil yang sudah dilengkapi dengan navigator, namun waze memiliki banyak fitur lebih, salah satunya ialah waze yang juga berfungsi sebagai social media, dimana kita dapat melaporkan kondisi jalan, seperti jalan rusak, ada polisi, jalan ditutup, dll, untuk pengguna lain di sekeliling kita yang hendak akan melalui jalan tersebut.


Rizky Andre Wibisono
05111740000183

0 komentar:

Post a Comment