Thursday, October 16, 2014

Pelelangan Kartu TCG Online via Facebook

Kartu TCG adalah salah satu komoditas hobby yang paling diminati oleh berbagai kalangan umur. Dari kalangan anak-anak sampai dewasa memiliki jenis card game yang berbeda-beda, dari sebagai koleksi maupun kompetitif. Walaupun salah satu yang paling diminati, tidak dipungkiri semua kartu memiliki rarity yang berbeda dengan kartu lainnya, dan player membutuhkan player lainnya yang berbeda domisili dengan mereka, dari lokal, regional, bahkan internasional. Media-media sosial seperti Facebook memungkinkan player-player ini membuat komunitas untuk berdiskusi dan berdagang seperti grup ini . Grup fb ini termasuk banyak membantu para player untuk mendapatkan kartu yang diinginkan, dilihat dari keefisienan waktu, tenaga yang dibutuhkan, dan perbedaan domisili masing-masing player.


Ini adalah satu contoh transaksi online yang saya lakukan di facebook untuk teman saya :




1. Pertama-tama login ke akun FB





2. Menuju Page TCG yang dicari





Silahkan apply ke grup TCG bagi yang belum, semakin baru anda di dunia TCG biasanya semakin lama anda akan diaccept, kecuali anda sudah mempunyai "orang dalam". 


3. Scrolling






 Mencari kartu yang diingikan dengan budget yang pas pasti membutuhkan kerja extra, kadang-kadang membutuhkan skill juga mencarinya.


4. Comment, Add Friend, PM








Biasanya setelah kita menemukan produk yang dicari, kita bisa mengcomment di lapak/post yang dicari, supaya lebih di "notice" sama yang punya lapak. Add Friend juga sangat disarankan karena beberapa orang mengatur supaya hanya yg berada di friend list mengirim PM atau private message untuk mencegah spam. Salah satu yang sangat disarankan juga adalah mengecek profile penjual, demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam pm bisa memastikan stok-stok barang yang ada karena beberapa seller terlalu malas mengupdate lapak mereka. Tanyakan apakah memungkinkan COD atau tanyakan di grup bila seller tidak meyakinkan. Kemudian tanyakan nomor rekening untuk pembayaran.

5. Transfer




Setelah transfer jangan tunda untuk mengambil foto bukti untuk mencegah hal yang tidak diingikan.


6. Bukti Transfer, Alamat, Nomor Resi




Berikan nomor transfer, kemudian berikan alamat yang lengkap. Minta mereka segera memberi nomor resi setelah mengirim. Tanyakan kepada seller berapa hari lama pengiriman atau via website jasa expedisi. 


7. Menunggu

Bila barang belum sampai dalam jangka waktu yang diberikan seller ditambah 2-3 hari, segera kontak seller untuk menelpon kantor jasa ekspedisi yang digunakan. 

Andre Exaudi Jeremy Rumapea
511410031






0 komentar:

Post a Comment