Thursday, October 16, 2014

Belanja dengan Mudah di Dinomarket


Di era modern ini transaksi perdagangan sangat mudah untuk dapat dilakukan bahkan tanpa bertemunya penjual dan pembeli secara langsung. Dinomarket merupakan salah satu website diantaranya yang dapat digolongkan sebagai kategori e-commerce atau yang biasa di kenal sebagai situs-situs yang menawarkan jasa perdagangan online di internet.  Dinomarket menjual berbagai jenis barang seperti handphone, kamera, peralatan rumah tangga , dan berbagai barang lainnya. Semua barang tersebut dikirimkan langsung melalui pihak Dinomarket. Dinomarket sendiri memiliki toko asli yang berlokasi di kota Jakarta.

Berikut merupakan salah satu contoh tahapan dalam pembelian barang melalui situs Dinomarket. Dalam hal ini saya membeli dua benda yaitu lensa clip universal untuk handphone dan sabuk sauna.

1. Membuka Situs Dinomarket

Pertama bukalah situs www.dinomarket.com di web browser bawaan komputer atau juga dapat diakses melalui handphone. Setelah website tersebut terbuka, banyak kategori yang ditawarkan bagi pembeli dan juga berbagai menu seperti promo spesial hari ini, barang terlaris, atau produk unik. Di halaman depan juga tertera contact person Dinomarket yang dapat dihubungi. Kita juga dapat mencari barang langsung dengan memasukkan kata kunci pencarian di kolom search.



2. Membeli Barang



Setelah menemukan barang yang diinginkan, di dalam menu barang tersebut akan tertampil informasi seputar barang tersebut. Selain itu anda juga dapat menentukan berapa banyak barang tersebut akan anda beli dan beberapa pilihan warna jika barang tersebut memiliki beberapa warna.  Kemudian, anda dapat langsung menekan menu beli sekarang dalam tampilan di atas.  Menu yang akan muncul selanjutnya adalah seperti berikut.


Setelah itu, anda dapat menentukan apakah anda ingin langsung lanjut ke pembayaran atau ingin melihat-lihat produk lainnya. Dalam hal ini, saya memutuskan untuk lihat produk lainnya karena barang yang saya beli berjumlah 2 item berbeda. Selanjutnya, saya membeli barang seperti gambar di bawah.


Setelah itu, saya melanjutkan ke pembayaran dan total barang yang kita beli akan tertampil seperti gambar di bawah.


3. Pembayaran

Setelah memilih barang, selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan pembayaran kepada pihak Dinomarket dan akan tertera seperti yang akan dijelaskan pada gambar-gambar berikut.


Tahap pertama dalam pembayaran, kita diminta untuk memasukkan alamat email atau jika kita sudah memiliki akun dinomarket kita bisa log in menggunakan akun tersebut. Beberapa keuntungan dari menjadi member dinomarket diantaranya setiap berbelanja kita bisa mendapatkan cash reward yang dapat kita gunakan untuk pemotongan harga bagi perbelanjaan kita berikutnya. Selain itu, setiap harinya dinomarket akan mengirimkan pesan promosi ke email kita. Jika tidak ingin menjadi member dinomarket, maka tahap yang harus kita lakukan juga memasukkan email yang kita punya agar konfirmasi pembayaran menjadi lebih mudah.


Setelah memasukkan alamat email, tahap berikutnya adalah memasukkan alamat seperti gambar di atas dan apabila kita telah menjadi member dinomarket dan memasukkan alamat default kita, maka kita juga dapat menambahkan alamat baru jika kita sedang berada di daerah lain.


Selanjutnya merupakan rincian barang yang kita beli beserta total harga seluruhnya termasuk ongkos kiri yang telah ditentukan. Dalam menu ini juga terdapat beberapa menu menarik seperti menambahkan foto pribadi, membungkus barang pesanan dengan kertas kado dan juga menambahkan coklat. Masing-masing menu tersebut tentu memiliki harga cas. Dalam bagian ini, kita juga dapat menggunakan voucher belanja ataupun cash rewards yang kita dapat dari dinomarket untuk memotong harga pesanan barang kita. 


Tahap selanjutnya adalah metode pembayaran apa yang akan kita lakukan. Dinomarket menyediakan dua metode pembayaran yaitu bank transfer dan juga cash on delivery dimana pada metode COD hal ini sepertinya hanya berlaku bagi wilayah Jakarta dan sekitarnya.

  
Setelah memilih metode pembayaran, saatnya untuk kita melakukan pembayaran terhadap pihak dinomarket. Ketika kita sudah melakukan pembayaran, kita wajib untuk mengkonfirmasi pembayaran tersebut agar barang yang kita beli segera diproses untuk dikirimkan kepada kita.

4. Konfirmasi Pembayaran


Konfirmasi pembayaran dilakukan dengan cara mengklik alamat link yang ada seperti pada gambar sebelumnya atau biasanya dinomarket juga akan mengirimkan prosedur tersebut ke alamat email yang kita gunakan untuk membeli barang. 


Setelah konfirmasi pembayaran, selanjutnya masih ada 3 tahap lagi yaitu verifikasi pembayaran, pemesanan, dan juga transaksi selesai namun, saya tidak bisa melanjutkan ke tahap tersebut karena barang yang saya beli sudah dari beberapa bulan sebelum ini sehingga hal tersebut tidak bisa saya lakukan. Jadi, saya hanya menjelaskan cara pembelian barang di dinomarket dan juga bukti bahwa saya pernah berbelanja di situs ini.

6. Bukti Pembelian

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka hal yang harus dilakukan yaitu menunggu pengiriman barang. Contoh barang yang saya pesan di atas merupakan barang yang sama ketika saya berbelanja di dinomarket beberapa bulan yang lalu. Jika anda memiliki akun dinomarket, maka anda akan mendapat bukti invoice seperti gambar berikut. Bukti ini dapat kita buka melalui profil akun dinomarket yang anda miliki.


Dalam data di atas, contoh pembelian yang pernah saya lakukan yaitu pembelian pada tanggal 17 Juli 2014 dengan kode pemesanan TDD56PP.


Gambar di atas merupakan bukti bahwa saya telah melakukan transaksi di situs Dinomarket. Berikut adalah bukti invoice transaksi dari pihak Dinomarket.


Berikut adalah salah satu barang hasil belanja online yang saya lakukan.


Sesuai dengan motto Dinomarket, belanja online menjadi bebas resiko dan terjamin kualitasnya.

MUHAMMAD FAISHAL ILHAM
5114100076

1 komentar: