Thursday, October 30, 2014

Transaksi Online - Pembelian Cardigan melalui Instagram



Pembelian Cardigan secara Online
Sejak kehadiran internet, para pedagang telah berusaha membuat toko online dan menjual produk kepada mereka yang sering menjelajahi dunia maya (internet). Para pelanggan dapat mengunjungi toko online (online shop) dengan mudah dan nyaman, dan dapat melakukan transaksi di rumah, sambil duduk di kursi yang nyaman di depan computer. Melakukan transaksi online sangatlah praktis. Mengapa begitu? Karena para pembeli cukup melakukan pencarian barang yang mereka inginkan melalui internet, lalu menghubungi para penjual untuk mengkonfirmasi lebih lengkap tentang barang yang mereka inginkan serta melakukan transaksi pembayaran melalui atm hingga akhirnya barang tersebut sampai ke tangan mereka sendiri. Salah satu contoh yakni saya, saya telah melakukan pembelian cardigan melalui transaksi online. Berikut dokumentasi saya tentang pembelian cardigan melalui transaksi online tersebut :


Proses Pencarian Barang
1. Untuk pencarian barang yang diinginkan , saya menggunakan aplikasi Instagram , dimana sebagian besar pengguna Instagram adalah para Online Shop.


2. Sebelum memulai pencarian barang , anda harus log-in Instagram terlebih dahulu dan pastikan anda memiliki akun Instagram. Jika anda tidak memiliki akun Instagram , disarankan untuk membuat akun Instagram terlebih dahulu. Namun, jika anda sudah memiliki akun Instagram , anda dipersilahkan untuk log-in aplikasi Instagram tersebut.


3. Setelah berhasil log-in , anda bisa langsung mencari akun online shop yang menjual barang yang anda inginkan dan di sarankan anda mengikuti (follow) akun online shop tersebut. 


4. Setelah mengikuti (follow) akun online shop tersebut , anda bisa langsung mencari barang yang anda inginkan.


5. Setelah menemukan barang yang anda inginkan , pastikan anda harus memperhatikan keterangan barang anda , setelah itu , anda bisa langsung menghubungi si penjual melalui contact person yang tersedia di bio instagram online shop tersebut.



Proses Pemesanan Barang
1. Untuk menghubungi si pemilik online shop, saya menggunakan aplikasi Line.
Dimana jika anda ingin menghubungi si pemilik online shop melalui aplikasi Line, 
namun tidak memiliki id Line , disarankan anda untuk membuat id Line terlebih dahulu, 
baru menghubungi si pemilik online shop. Setelah itu anda harus menambahkan (add id Line) si pemilik online shop menjadi teman Line kita terlebih dahulu agar bisa berkomunikasi dengan si pemilik online shop tersebut.

2. Untuk memulai percakapan dengan si penjual , pastikan anda menghubungi si pemilik online shop dengan benar (tidak menghubungi orang yang salah).
3. Setelah memastikan , anda juga harus memastikan barang yang anda inginkan tersedia atau tidak tersedia (barang sudah habis).


4. Setelah memastikan barang masih tersedia, anda bisa langsung mengkonfirmasi barang apa saja yang ingin anda beli (order) sesuai dengan format order yang diberikan oleh si penjual (jika format ordernya ada). Jika tidak diberi format order, biasanya format order berisikan tentang identitas si pembeli (berupa nama lengkap, alamat lengkap serta nomor hp) dan orderan barang yang ingin dibeli.
5. Setelah memberi format order , si penjual langsung memberi totalan belanjaan yang harus dibayar , serta nomor rekening bank yang dimiliki si penjual , untuk melakukan pembayaran dari si pembeli . Dimana totalan belanjaan tersebut sudah termasuk ongkos pengiriman barang dari lokasi si penjual menuju lokasi si pembeli. 


6. Setelah melakukan transaksi pembayaran , anda harus memberi bukti transaksi pembayaran kepada si penjual (jika diminta oleh si penjual) , setelah itu barang anda di proses untuk di kirim ke lokasi tujuan . Namun , disarankan anda meminta nomor resi pengiriman barang anda sebagai bukti bahwa barang anda sudah dikirim oleh si penjual. Dan apabila barang sudah dikirim , tugas si penjual sudah selesai dan anda tinggal menunggu paket kiriman barang anda sampai ke lokasi anda dengan selamat.



Bukti Pembayaran 





Proses Pengiriman Barang
1. Untuk mengecek barang anda sudah dikirim apa belum, anda bisa buka web www.jne.co.id (jika pengiriman barang melalui jne).



2. Setelah itu, anda bisa langsung memasukkan nomor resi pengiriman barang anda di bagian Trace anda Tracking.


3. Setelah itu anda bisa melihat apakah nomor resi tersebut benar-benar atasnama anda serta lokasi tujuannya benar. Jika sudah benar anda bisa melihat status pengiriman barang anda. Jika status barang anda adalah "On Process" , maka barang anda lagi diperjalanan menuju lokasi anda . Tapi jika status barang anda menjadi "Delivered" , maka barang anda sudah sampai ke tempat tujuan dengan selamat .





 Barang sampai...








Praktiskan Transaksi Online...



Nama : Vinsensia Sipriana Zega
NRP : 5114100066

0 komentar:

Post a Comment