Wednesday, November 4, 2015

Perpanjangan Layanan WhatsApp dengan Telkomsel Billing

Ada sebagian pengguna WhatsApp tidak mengetahui kalau akun yang mereka miliki mempunyai batas waktu pemakaian. WhatsApp sendiri menyediakan layanan pesan singkatnya secara gratis selama 1 tahun pertama. Akan tetapi, kalau kita ingin menggunakan layanan WhatsApp pada tahun kedua, kita diharuskan membayar sejumlah uang agar akun yang kita miliki aktif kembali.
 
Pada gambar di sebelah kiri terlihat bahwa akun WhatsApp yang saya miliki akan berkahir masa berlakunya pada tanggal 1 Juli 2016. Awalnya kita diharuskan untuk mempunyai kartu kredit sebagai media pembayaran biaya perpanjangan masa berlaku. Tetapi, sekarang hadir Telkomsel Billing yang memungkinkan kita untuk membayar biaya perpanjangan dengan pulsa yang kita miliki.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  Disini terlihat opsi perpanjangan masa berlaku akun. Mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun. Kali ini saya akan memilih untuk memperpanjang masa berlaku akun selama 1 tahun. Pada gambar disebelah kanan terlihat bahwa biaya untuk memperpanjang masa berlaku akun selama 1 tahun adalah Rp12.000. Disini kita diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku kemudian menekan tombol continue.




Nah disinilah kita diminta untuk menentukan media pembayaran. Entah itu kartu kredit, potong pulsa atau menggunakan gift card. Awalnya metode yang tersedia adalah kartu kredit, namun sekarang Telkomsel telah meluncurkan Telkomsel Billing yang merupakan metode pembayaran "potong pulsa". Selain itu tombol redeem digunakan untuk membayar menggunakan gift card (voucher). Sampai saat ini saya belum melihat keberadaan voucher tersebut di Indonesia.













 Jika anda belum menyambungkan nomor telepon anda dengan akun Google anda, anda akan ditawarkan untuk menyambungkannya terlebih dahulu. Kemudian anda akan menerima SMS kode verifikasi nomor telepon untuk mengaktifkan Telkomsel Billing anda. Jika sudah aktif, pada transaksi pertama anda diminta untuk memasukkan kata sandi akun Google anda.
 
 










Setelah memasukkan kata sandi yang benar, transaksi anda akan diproses.
 














Jika transaksi telah selesai dilakukan, Google akan menawarkan apakah kita ingin diminta untuk memasukkan kata sandi pada setiap pembayaran.











Setelah itu, keluar notifikasi bahwa masa berlaku akun WhatsApp yang kita miliki telah diperpanjang


 

Akun saya telah diperpanjang sampai 1 Juli 2017. Tak lama kemudian Telkomsel mengirimkan SMS ke saya bahwa transaksi telah berhasil dan ternyata dari biaya perpanjangan yang ditampilkan di aplikasi WhatsApp belum termasuk PPN





 
 
 
 
Ini pulsa yang saya miliki sebelum memperpanjang akun WhatsApp saya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Setelah memperpanjang akun WhatsApp saya, saya kembali mengecek pulsa. Dan ternyata benar, pulsa saya terpotong sebesar Rp13.440.







Tidak lama kemudian, Google juga mengirimkan nota pembayaran saya melalui e-mail. Pada nota pembayaran terdapat lebih banyak informasi detil mengenai transaksi saya

 














 
Secara keseluruhan, pengalaman melakukan transaksi dalam aplikasi atau lebih dikenal dengan in app purchase menggunakan Telkomsel Billing sangat memuaskan. Dari mudahnya melakukan registrasi, hingga pemberitahuan pulsa yang terpotong sangat detil dan jelas. Saya rasa Telkomsel Billing akan memberi banyak manfaat kepada masyarakat Indonesia, terutama pengguna WhatsApp karena harus melakukan perpanjangan masa berlaku akun setiap tahun.
 
Nama : Vincentius
NRP   : 5115100159

0 komentar:

Post a Comment