Friday, November 6, 2015

Lebih Mudah, Lebih Menyenangkan


Apa transaksi online itu? Transaksi online adalah transaksi yang dilakukan penjual dan pembeli secara online melalui media internet, tanpa ada perjumpaan langsung antara penjual dan pembeli. Transaksi ini sangat mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Tinggal klik. Barang yang Anda inginkan akan segera Anda miliki.


Berikut ini adalah pengalaman saya ketika melakukan transaksi online.

Pemesanan

Transaksi ini berawal ketika nama saya menjadi salah satu kontributor dalam event lomba menulis yang diadakan oleh Penerbit Rumah Kita. Untuk itu, saya kemudian menghubungi pihak penerbit untuk melakukan order buku.

Dalam hal ini, saya menggunakan aplikasi facebook untuk berkomunikasi dengan pihak penjual. Setelah saya menyampaikan maksud dan tujuan saya, pihak penerbit (penjual) memberikan respon awal dengan menerangkan info mengenai jumlah uang yang harus dibayarkan secara keseluruhan termasuk ongkos kirim dan nomor rekening dari pihak penjual untuk kepentingan mentransfer uang dari saya (pembeli) dan penerbit (penjual).


Setelah pentransferan saya lakukan, saya kemudian mengirimkan bukti transfer pembayaran. Lalu pihak penerbit meminta data diri saya meliputi nama, alamat, nomor hp, dan judul naskah.


Kenapa data diri ini diminta setelah penansferan terjadi?

Bagi penjual, mereka tidak ingin berpusing-pusing dengan data para costumer yang ternyata tidak bertanggung jawab. Dalam arti, pembeli yang telah melakukan order tetapi tidak kunjung menansferkan uang pembayaran.





Selesai. Setelah itu saya tinggal menunggu barang yang dipesan sampai ke tangan.

Hasil

Tidak lama setelah proses pemesanan terjadi, barang yang saya inginkan sampai juga. Saya mengirimkan ucapan terima kasih kepada penerbit sebagai sumber data bagi penjual bahwa transaksi telah berhasil dilakukan. Barang sampai tujuan, pembeli senang. J





Nama     : Davin Masasih
NRP      : 5115100113

0 komentar:

Post a Comment