Thursday, November 5, 2015

Serunya Belanja Online

Di zaman yang serba canggih ini, banyak sekali sosial media yang berkembang. Sosial media itu dibedakan menjadi 2 macam, diantaranya yang pertama yaitu sosial media secara offline atau cetak, misalnya Koran, majalah, dan lain sebagainya. Dan yang kedua yaitu sosial media secara online atau sosial media yang tersambung dengan internet, misalnya twitter, facebook, bbm, line, dan lain sebagainya masih banyak lagi. Siapa sih yang nggak pernah memakai sosial media? Sosial media sangatlah penting untuk kita semua, baik untuk kalangan orang tua, pemuda, bahkan anak-anak. Apalagi sosial media secara online yang sekarang mejadi kebutuhan utama di semua kalangan. Selain lebih cepat, murah, sosial media juga sangat mudah karena media social secara online tidak hanya bisa diakses degan komputer, tetapi dengan smartphone pun semua dapat diakses. Ibaratnya kita dapat menggenggam dunia hanya dengan kepalan tangan.
          Manfaat dari sosial media secara online itu sangatlah banyak, seperti kita bisa mendapatkan informasi dari jarak yang jauh dengan cepat, dapat menghubungkan dengan keluarga yang jauh, dapat melakukan diskusi secara online, selain itu kita juga dapat melakukan jual-beli secara online. Nah, kali ini saya akan membahas tentang jual-beli secara online berdasarkan pengalaman pribadi saya.
          Pengalaman saya ini terjadi karena sebuah facebook. Facebok? Siapa si yang tidak tahu facebook? Facebook adalah sebuah sosial media online yang menawarkan banyak kemudahan bagi para penggunanya. Dengan facebook itu saya bisa membeli sebuah barang yang saya inginkan. Dulu saya ingin membeli mukena yang bagus tanpa keluar rumah, karena di facebook banyak sekali online shop maka saya mencari-cari saja di facebook. Untuk memilih online shop kita juga tidak boleh langsung percaya sembarangan. Kita harus mencari wilayahnya, keterangan-keterangan yang di tulisnya, bahkan biasanya terdapat screenshot kepuasan pelanggan. Diantara banyak online shop yang ada di  facebook, saya tertarik dengan salah satu online shop yang menjual berbagai barang kebutuhan, dari jam, pakaian, sepatu, hingga mukena dan masih banyak lagi. Untuk kepercayaan saya berikan sepenuhnya untuk online shop yang satu ini, karena penjualnya adalah kakak sepupu saya sendiri.hehe.. Dan di sinilah transaksi antara saya dan si penjual di mulai. Berikut ini adalah cara transaksi jual beli online ala saya dan penjual pilihan saya:



  • Pertama, kita harus memilih barang yang dirasa cocok untuk kita di online shop yang kita percaya. Yang dimaksud cocok yaitu cocok ukurannya, warnanya, motifnya, dan yang tentu harganya.
  • Setelah kita menemukan barang yang sudah cocok untuk kita beli, kita cari kontak penjual yang biasanya tertera di laman paling depan online shop tersebut. Biasanya penjual akan memberikan keleluasaan kontak, baik kontak fia sms, line, bbm, wa, facebook, dan lain sebagainnya. Berhubung saya sudah kenal dengan si penjual dan si penjual sedang online dalam facebook, saya langsung sergap saja lewat facebook. Hehehe..
  • Dalam percakapan dengan si penjual, biasanya kita awali pertanyaannya dengan harga barang (wajib sekali), setelah itu kita tanya ukuran, menego (jika perlu), warna, motif, atau lain-lain yang dirasa kita perlu mengetahuinya. Di bawah ini adalah sebagian contoh dari percakapan saya dengan si penjual.
  •  Nah, setelah kita melakukan percakapan dengan si pembeli dan kita menyetujui semuanya. Tibalah saatnya kita melakukan pembayaran atau mentransfer uang di bank dengan sejumlah uang yang telah kita sepakati.
  • Setelah mentransfer uang, jangan sampai bukti transfer dari bank tersebut terbuang. Karena bukti itu harus kita kirimkan kepada si penjual sebagai bukti bahwa kita telah mengirimkan uang kepadanya.
  • Setelah itu tahap penantian pun dimulai.
  • Dan setelah barang datang, setelahnya biasanya kita langsung di chat si penjual tentang kepuasannya terhadap barang. Dan saat itu saya puasss  sekali. :)
Begitulah cerita saya, semoga bermanfaat. Dan silahkan mencoba serunya berbelanja online.

Nama    : Fatimatus Zulfa
NRP      : 5115100073

0 komentar:

Post a Comment