Thursday, November 5, 2015

BNI Internet Banking, Cara Mudah Isi Pulsa

Hari gini masih sering nggak punya pulsa? Mobile data always on tapi sms ga pernah on? Malu dong smartphone mahal tapi isinya kalah sama handphone jadul yang cuma bisa telpon dan sms. Ada cara mudah nih buat isi pulsa cepat dan hemat.

Pasti kalian semua pernah dengar yang namanya internet banking, atau sering disebut e-banking. Dengan internet banking kita bisa isi pulsa tanpa perlu jalan ke counter pulsa, transfer uang tanpa perlu ke bank, beli tiket pesawat tanpa perlu ke bandara, bahkan bayar UKT tiap semester tanpa perlu ke bank/kampus. Tapi untuk bisa mengakses internet banking, kita harus melakukan registrasi untuk menjadi pengguna internet banking terlebih dahulu. Nah, gimana cara registrasinya? Karena saya pengguna BNI, berikut adalah dua cara “mudah” untuk menjadi pengguna BNI Internet Banking.


Saran: yang lebih cepat dan mudah sih cara mudah yang kedua soalnya langsung dipandu sama petugasnya wkw.

Balik lagi ke masalah isi pulsa menggunakan BNI Internet Banking. Setelah resmi menjadi pengguna internet banking, kita baru dapat menggunakan BNI Internet Banking. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah buka web BNI di http://www.bni.co.id


Kemudian klik ‘Personal Login’ dan isi informasi untuk login seperti login pada umumnya. Karena kita ingin mengisi pulsa, tampilan halaman utama yang defaultnya ke ‘Beranda’ dapat langsung diubah menjadi ke ‘Pengaturan Transaksi’. Dengan begitu kita akan diarahkan langsung ke page untuk melakukan transaksi.


Pada page ‘Transaksi’, klik menu ‘Pembelian/Pembayaran’, kemudian klik ‘Pembelian’ di menu.


Setelah itu pilih opsi ‘Voucher Prabayar’ dan klik ‘OK’ jika sudah.


Setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah. Kita perlu mengisi pada kolom-kolom yang ada.
Operator kita pilih sesuai dengan operator kartu masing-masing, kemudian pilih nominal pulsa yang ingin dibeli, lalu isi nomor telepon kita, jika sudah, centang ‘Tambah ke Daftar’ dan pilih opsi ‘pilih’ dan rekening debet yang ingin digunakan untuk membayar. Jika semua sudah terisi, klik ‘Lanjutkan’.


Setelah muncul seperti yang ada di gambar bawah, mulai operasikan BNI e-Secure anda dengan menekan tombol segitiga di bawah kanan. Lalu masukkan nomor PIN anda. Ketika muncul tulisan ‘APPLI-‘, tekan tombol 2. Kemudian masukkan 8 digit angka ‘BNI e-Secure Challenge’ yang kemudian akan diubah secara otomatis oleh BNI e-Secure kita menjadi 8 digit angka yang berbeda. Masukkan 8 digit yang baru ke kolom di sebelah ‘BNI e-Secure Respond’ dan klik ‘Bayar’ di kanan bawah.


Kemudian akan muncul bukti transaksi yang telah kita lakukan tadi dan tabungan kita akan berkurang secara otomatis sejumlah pulsa yang kita beli.


Hanya dalam waktu beberapa detik, pulsa yang kita beli secara online tadi akan masuk ke dalam nomor kita. Bagaimana? Mudah dan cepat kan?


Karena ada waktu sesi selama 5 menit setelah kita login, kita harus cepat-cepat menyelesaikan hal-hal yang ingin kita lakukan sebelum waktu sesi berakhir. Atau kita juga dapat mecegah sesi berakhir dengan klik ‘Cegah Sesi Berakhir’.



Kelebihan menurut saya:

  1.          Lebih mudah, cepat, dan murah.
  2.          Dapat diakses dimanapun kita berada (selama ada koneksi internet).
Kekurangan menurut saya:

  1.           Harus selalu sedia BNI e-Secure ketika mau menggunakan internet banking.
  2.           BNI e-Secure terlalu kecil untuk orang seteledor saya aka. rawan hilang.

Muhammad Rosyid Abdurrohman
5115100144






0 komentar:

Post a Comment