Friday, November 6, 2015

RUBIK ONLINE

Hi,
Pagi ini saya hendak berbagi pengalaman pertama saya dengan transaksi online.

Apa itu Transaksi Online?

"Transaksi online adalah persetujuan yang dilakukan antara 2 orang atau lebih  secara online melalui media internet."



Transaksi online ada bermacam-macam bentuknya, salah satunya adalah kegiatan jual beli online yang kerap dilakukan para remaja masa kini.
Sedikit bercerita, sejujurnya dari hati yang paling dalam, saya alergi terhadap "Transaksi Online". Entah saya yang terlalu kudet terhadap teknologi atau bagaimana, yang jelas saya sangat menghindari kegiatan bertransaksi online. Saya tidak pernah menyentuh mobile banking, booking tiket, hotel, atau go-jek sekalipun. Saya juga tidak pernah dan tidak berniat sedikitpun menyentuh  toko online semacam lazada, tokobagus.com, olshop - olshop instagram, toko - toko buku online serta membeli game-game berbayar seperti yang dilakukan para remaja pada umumnya.

Suatu hari ketika saya bosan dengan mainan saya (read: Rubik), saya berniat untuk membeli rubik dengan bentuk lain yang lebih lucu. Saya sudah berkeliling ke toko mainan di seluruh Sidoarjo, pasar, mall-mall, namun yang saya temukan hanyalah rubik dengan bentuk yang itu-itu saja. Saya pun berfikir "Beli dimana ya", kemudian saya teringat dengan teman saya yang juga seorang kolektor rubik dan bertanya kepadanya.
"Hari gini masih nyari manual? Online bro, banyak" jawabnya

Kemudian saya memberanikan diri untuk mencari-cari rubik via instagram dengan hashtag keyword #rubikmurah karena uang tabungan saya yang mepet.


Karena setelah menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencari, stalking instagram, melihat-lihat, mencari-cari bukti trusted tidaknya, bertanya-tanya harga dengan contact person-nya via line dan whatsapp, serta membandingkan harga antara satu olshop dengan yang lain, akhirnya saya memutuskan memilih olshop "rubikmurah". Dilihat dari namanya memang tidak meyakinkan. Dilihat dari follower-nya pun tak sebanyak olshop lain yang lebih besar. Namun saya tetap positive thinking karena saya perhatikan akun ini selalu mem-posting foto-foto paket rubik yang hendak dikirim.


Postingan foto paket rubik yang hendak dikirim

Alhasil saya tertarik dan melihat-lihat foto-foto rubik yang dijual di olshop tersebut. Perhatian saya tertuju pada rubik jenis Tetraminx dan menghubungi CP untuk bertanya-tanya lebih lanjut.

Tetraminx

Berikut langkah-langkah saya dalam bertransaksi online :

1.
Bertanya-tanya ke CP melalui salah satu sosial media yang disediakan si olshop.
Ada via BBM, SMS/Whatsapp, dan Line. Saya memilih menghubungi via Line karena memang saya lebih nyaman dan merasa praktis menggunakan Line.



2.
Jika sudah cocok, melakukan order/pemesanan dengan format yang ditentukan si olshop, serta menanyakan harga dan nomor rekening bank yang dituju.


 

3.
Mengirimkan bukti transfer pembayaran.
Awalnya saya bingung harus bagaimana karena saya belum pernah melakukan transaksi dengan bank sekalipun, baik transfer, menabung maupun mengambil uang. Akhirnya ada teman saya yang menyarankan menggunakan mobile banking karena lebih praktis, apalagi bagi orang-orang mager seperti saya.


Bukti Transfer Pembayaran melalui Mobile Banking
4.
Selesai deh, tinggal menunggu barang yang dipesan datang.




Setelah menunggu 2-3 hari, alhamdulillah ternyata memang benar olshop ini terpercaya. Walaupun barangnya memang rubik merk biasa yang tidak sebagus rubik-rubik asli mahal yang dipakai para cuber pro, namun sebanding dengan harganya yang miring. 

Ternyata transaksi online tidak seburuk yang saya kira. Tidak semua olshop adalah penipu. Oleh karena itu, kita sebagai buyer hanya harus pintar-pintar memilih olshop yang terpercaya. Pesan saya, janganlah jadi penakut seperti saya karena takut akan membuat kita tidak berkembang dan kudet akan teknologi.
Sekian pengalaman pertama saya dengan transaksi online. Maaf apabila ada kesalahan kata.
Semoga bermanfaat:)

Yey nambah

Salam Problem Solver


HAFARA FIRDAUSI
511510043

0 komentar:

Post a Comment