Thursday, November 5, 2015

mencoba transaksi online


       Halo teman - teman sekalian. Pada kali ini, saya ingin sharing tentang pengalaman saya dalam bertransaksi online. Mungkin ada beberapa orang yang belum pernah merasakan bagaimana transaksi online itu. Apakah sulit, dipercaya, dan masih banyak pertanyaan yang keluar ketika merasakan sesuatu yang baru. Saya sendiri termasuk orang yang pertama kali mencoba membeli suatu barang di media online. Ini adalah pengalaman terbaru saya dan saya ingin memberikan pengalaman saya ketika membeli barang secara online.

        Langkah awal ketika ingin membeli barang online adalah kita harus mengetahui website yang sudah terpercaya. Karena, kriminalitas pasti selalu terjadi ketika ada peluang sedikitpun. Saran saya, pilihlah website yang model transaksi nya harus melewati sebuah perusahaan dahulu. Banyak kejadian penipuan seperti sudah membayar tetapi barang yang di pesan tidak sampai ke tempat tujuan dan lain lainnya. Untuk meminimalisir hal tersebut, kita harus lebih waspada dan cari info website yang aman untuk bertransaksi.

       Kebetulan saya menggunakan www.Bhineka.com. Saya percaya dengan website ini karena kita bisa memantau seperti barang pesanan kita sudah sampai tahap mana atau sudah sampai dimana. Jika ada masalah selama pembelian dan pengiriman atau lainnya kita bisa meminta bantuan kepada kantor pusatnya yang membuat kita merasa lebih aman dan percaya kepada perusahaan ini.





       Barang yang saya beli adalah Headset dengan merk Okaya. Saya memilih ini karena dari warna dan bentuk yang sesuai dengan keinginan saya. Ini adalah salah satu keuntungan dari pembelian secara online. Kita dimudahkan untuk membandingkan antara barang satu ke barang yang lainnya dan menghemat waktu pembelian. Selain itu juga, kita tidak harus mengantri ketika ingin membayar. Kita hanya memilih cara pembayarannya sajah dan itu semua dilakukan secara online. Kebetulan saya menggunakan CIMB Click yaitu fitur untuk pembelian secara online yang dimiliki oleh perusahaan CIMB.
Pengiriman barang

       Pada proses yang saya alami ada beberapa tahap yakni, pengisian perincian barang,data pembeli, metode pembayaran Ringkasan terakirmd, dan pembayaran. Pada gambar (pengiriman barang), kita bisa memilih barang terserbut ingin dikirimkan oleh instansi apa.
       


       Sebelum mulai beli membeli, kita harus mengisi data tentang diri kita, seperti nama, e-mail, no. HP dan lainnya. Selain itu juga, pengisian ini bertujuan untuk menentukan di mana barang itu akan dikirim. Karena kita bisa menentukan barang yang di kirim, apakah akan diterima oleh yang pemesan atau barang akan diterima oleh pihak kedua dari pemesan.





       Setelah pencarian barang, kita akan menentukan metode bayaran apa yang ingin kita lakukan. Bhineka memberikan beberapa opsi yang bisa digunakan untuk membayar.


      Setelah sudah membayar pesanan, berarti proses pembelian secara online sudah selesai. Kita hanya perlu menunggu tanpa waktu yang ditentukan. Tetapi jangan khawatir, kita untuk Bhineka kita diberikan fasilitas untuk memantau barang kita sendiri.
      Inilah pengalaman saya tentang pembelian barang secara online dan semoga bermanfaat.

Nama : Faturochman Pranacahya Andrianto
NRP : 5115100103

0 komentar:

Post a Comment