Friday, November 6, 2015

Transaksi 1 jam lalu




Kali ini gua akan berbagi pengalaman dalam transaksi online. Jadi pengalaman ini terjadi 1 jam sebelum tulisan ini di post. Gua membeli tiket kereta via online, lebih tepatnya mobile apps. Apps yang gua pake di sini apps yang resmi di buat oleh PT Kereta Api Indonesia (persero) yaitu KAI Access. Apps tersebut dapat di download di google playstore. Setelah menginstall aplikasi tersebut saya diminta untuk registrasi, pada tahap registrasi ini yang dibutuhkan adalah identitas diri bisa berupa passport, KTP, atau SIM dan nomor telepon. Setelah itu apps ini meminta kita untuk verifikasi, apps ini akan memberikan kode berupa nomor yang dikirimnya lewat SMS, dan kita masukan kode verifikasi tersebut. Lalu jika ingin book bisa menekan Booking Ticket. Nah disitu, gua mau pulang ke jakarta dan yang paling dekat adalah stasiun Pasar Senen. Kalau di Surabaya sendiri yang paling dekat adalah Stasiun gubeng. Gua input dari stasiun mana ke stasiun mana. Dan kebetulan perlunya juga mendadak jadi perjalanannya besok yang paling pas tanggal 7 November 2015. Karena mendadak gua gateralu mikirin kelas keretanya yang penting dapet aja. Di sini kita gak cuman mesen tiket 1 orang doang tapi bisa hingga 4 orang. Nanti muncul jadwal perjalanan kereta dengan kelasnya masing-masing dan harganya masing-masing. Dan gua memilih Jayabaya karena hanya itu yang available. Setelah itu kita diberi kebebasan untuk memilih seatnya, gua memilih seat yang dekat dengan jendela alasannya biar gak bosen dan deket dengan charger. Setelah itu kita diminta metode pembayarannya, gua pilih bayar lewat indomaret karena kebetulan kalo lewat ATM saldo gua lagi gaada, hehehe.. Nah di indomaretnya gua tinggal nunjukin nomer transaksinya aja, nanti dia akan ngeprintin struknya ke kita setelah kita bayar. Setelah itu kita bisa mencetak karcis keretanya di stasiunnya sendiri. Ohiya, misalkan kita tidak membayar apa yang kita book dalam waktu 2 jam bookingannya dianggap batal. Gambar tiketnya menyusul yaaaa......

0 komentar:

Post a Comment