Thursday, December 10, 2015

Web Master


Pada kesempatan kali ini, saya akan menceritakan cita-cita saya. Jika sedikit mereview ingatan masa lalu saya ketika orang-orang bertanya kepada saya, apa cita-citamu maka saya akan menjawab jawaban yang berbeda-beda. Mulai dari dokter, arsitek, tentara sampai atlet. Karena pada saat itu saya belum menemukan cita-cita saya yang jelas.  Seiring berjalannya waktu yang sudah saya jalani, entah kenapa dari cita-cita tersebut saya merasa tidak cocok dengan passion saya.  Tapi sekarang saya sudah mempunyai gambaran tentang cita-cita saya dalam beberapa tahun kedepan.


Dimulai pada saat kelas 6 SD saya berkenalan secara tidak langsung dengan yang namanya “Internet”. Semua informasi yang ingin saya ketahui bisa didapat di internet. Dan seiring berjalannya waktu entah kenapa saya merasa kagum dengan berbagai website yang tersebar di internet. Website yang ada memang diperuntukkan untuk kebutuhan manusia sehingga bisa menjalankan kehidupan menjadi lebih mudah, contohnya yaitu media sosial, serach engine, toko online, forum, file-sharing, e-mail, dsb. Dan ketika itu saya putuskan untuk menjadi seorang web master.
Apa itu web master ? Web master adalah seseorang yang ahli dalam dunia web. Dunia web sendiri meliputi banyak hal, baik berupa pemrogramaan web, desain web, server web, sekuritas web, developer web, administrator web serta perangkat keras yang bertanggung jawab untuk mengelola website agar tetap berjalan. Web master dituntut untuk memiliki dan menguasai banyak skill yang ada. Pengalaman juga merupakan kunci untuk menjadi web master yang baik.

Salah satu cara untuk mewujudkan cita-cita saya ini adalah dengan masuk di jurusan Teknik Informatika (TC) ITS. Dan disini saya bisa belajar banyak tentang dunia web pada khususnya dengan para dosen atau mahasiswanya yang terkenal hebat dibidangnya. Selain itu pada tingkat selanjutnya saya akan berusaha memanfaatkan sebaik mungkin fasilitas lab yang ada di TC ini.

Untuk pilihan kerja menjadi web master sendiri tersedia beberapa opsi, yakni menjadi pegawai, pengusaha ataupun freelance. Saya sendiri lebih berminat untuk menjadi pengusaha. Tapi untuk menjadi pengusaha IT  dibutuhkan pengalaman serta persiapan yang matang. Mungkin setelah lulus kuliah saya memulai karir saya untuk menjadi pegawai di suatu perusahaan IT di Indonesia (Kaskus, Tokopedia, Google cabang Indonesia, dsb). Agar bisa mendapatkan pengalaman serta persiapan  untuk membuat website yang  berguna.
  Semua hal besar dimulai dari satu langkah kecil  Unknown.

Ahmad Ibnu Fajar
5115100133

0 komentar:

Post a Comment