Thursday, December 10, 2015

Cita-cita 2015

My  Future


Assalamulaiakum wr wb

Halo, saya Nuzul Ristyantika Yuliana. Saya adalah salah satu mahasiswa ITS jurusan Teknik Informatika Angkatan 2015 yang katanya  jurusan yang paling banyak peminatnya. Tapi selebihnya juga kurang tau juga . Tapi saya berharap juga lulusan dari jurusan ini kelak akan menjadi orang yang sukses Amiin... di bidang IT khususnya. Di sini saya mau cerita nih. jumat minggu kemarin Pak Imam yang merupakan dosen STI saya memberikan tugas ke kami untuk menceritakan seputar cita-cita setelah lulus dari jurusan ini. Awalnya sih saya juga bingung mau menuliskan apa yang akan saya ceritakan karena jujur jurusan ini bukanlah bagian dari cita-cita saya. Ya bisa dikatakan takdir.
Ya sedikit curhat dulu sebelum saya masuk sini sebenarnya tidak terbayang di benak saya bahwa saya akan memasuki jurusan ini. Ada banyak orang yang mengatakan bahwa jika kamu masuk jurusan maka bakalan mudah buat cari kerja. "Kata Orang". Dan akhirnya saya mencoba untuk membuktikan apa yang orang-orang katakan.
Dan setelah saya menjalani kuliah sekitar 4 bulan lebih di sini saya mulai percaya dengan apa yang orang-orang katakan bahwa jurusan ini memang kaya akan peluang sukses. Namun pada dasarnya kembali pada kita sendiri.
Ok kembali ke topik utama mengenai cita-cita saya. Tapi sebelumnya saya mau memberikan info nih seputar pekerjaan yang cocok di bidang IT ada programmer, Network engineer, Analis system, IT support, Software Engineer, dll. Dan dari rentetan contoh pasti ada salah satu yang menjadi cita-cita kalian.
Tapi disini saya mau cerita mengenai cita-cita saya kelak. Jadi sebenanya cita-cita saya itu lebih ke arah wirausaha karna jujur saya mah agak tertarik sama hal yang berbau bisnis. Oleh sebab itu saya memilih untuk menjadi Entrepreneurship atau Tekhnopreneurship. Saat membaca kata technopereneurship, kemungkianan besar pikiran anda tertuju pada dua hal teknologi entrepreneurship atau kewirausahaan. Ya teknopreneur memang didefinisikan sebagai entrepreneur yang mengoptimalkan segenap potensi teknologi yang ada sebagai basis pengembangan bisnis ynag dijalankannya. Namun permasalahan mendasarnya adalah teknopreneur sendiri merupakan istilah yang masih asing di kalangan masyarakat Indonesia pada umumnya. Kecuali bagi mereka yang terus mengikuti segenap perkembangan bisnis dunia. Selain itu, bagi mereka yang sudah mengenalnya pun masih ada yang salah kaprah memahaminya sebagai IT entrepreneur.
Dan sebenarnya untuk bias sukses dalam suatu hal pasti ada beberapa factor yang berpengaruh. Dan berikut adalah factor untuk sukses dalam bidang ini yaitu:
-          Ketepatan memasuki pasar(time-to-market). Karena jika terlamabat memasuki pasar maka akan kehilangan kesempatan menjadi market leader, sedangkan terlalu awal masuk pasar akan dibebani biaya besar untuk melakukan pendidikan pasar.
-          Kualitas produk atau solusi yang dimiliki Karen kualitas yang jelek akan menyebabkan Hilangnya kepercayaan dari pelanggan, walaupun time to marketnya udah tepat.  

Dan dia atas adalah sekilas info mengenai entrepreneurship dan teknopreneurship dan kalau di Tanya mengenai apa saja bekal yang sudah saya persiapkan ya pastinya doa, usaha dan restu dari orang tua sekaligus mungkin sedikit pengalaman mengenai dunia bisnis. Dan kalau ditanya kelanjutannya mungkin untuk selanjutnya saya akan mulai untuk mendalami dan menggali banyak info dari yang sudah berpengalaman.
Sepertinya sudah terlalu banyak dan lama saya bercerita mengenai cita-cita saya. Jadi kurang lebihnya mohon maaf dan saya berharap dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga kita dapat menggapai semua cita-cita yang telah kita impikan. Amiin…

Wasalamualaikum wr wb 


Nuzul Ristyantika Yuliana
5115100078 

0 komentar:

Post a Comment