Tuesday, December 15, 2015

Intelligent System Developer

Tugas STI yang ketiga: menceritakan cita-cita / profesi di bidang teknologi informasi. Jujur sampai sekarang saya belum yakin mau fokus ke bidang apa saya nanti. Tapi karena kebetulan dapat tugas ini, saya coba mencari informasi mengenai bidang-bidang / profesi yang mugkin bisa diambil di bidang IT. Saya menemukan satu yang menarik, yaitu Intelligent System Developer.

Yang ada di pikiran saya tentang Intelligent System Developer (ISD) adalah Artificial Intelligent (AI), dan yang saya tahu tentang AI adalah system / program AI yang ada di game-game. Ternyata ISD tidak hanya sebatas AI dalam game saja, tetapi ada juga system seperti face / voice recognition, intelligent system, virtual reality, dll.

Yang membuat saya tertarik adalah bagaimana membuat sebuah komputer / perangkat bisa memiliki kecerdasan seperti layaknya manusia. Padahal semua inputan yang mungkin akan kita berikan kepada komputer mungkin aneh, seperti  contohnya system face recognition. Atau mungkin juga memiliki bayak kemungkinan yang mungkin tidak akan bisa diprediksi hanya dengan beberapa langkah dan bagaimana mengambil keputusan yang tepat, seperti contohnya membuat system AI untuk game yang mana apa yang dilakukan player bisa sangat bervariasi dan mungkin bisa menghasilkan jutaan kemungkinan.

Karena itulah saya jadi tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang intelligent system. Saya juga coba cari informasi apa saja yang dibutuhkan untuk bisa menguasai intelligent system. Ternyata yang dibutuhkan adalah menguasai tentang probabilitas, computational intelligent, data mining, artificial intelligent, computer vision, dsb.

Itulah cerita saya mengenai Intelligent System Developer. Tapi saya belum pasti ingin menjadi seorang Intelligent System Developer, karena saya masih ingin menelusuri semua yang ada di bidang IT ini agar bisa memilih yang terbaik.

Sekian dari saya, terima kasih.

Ronald Andrean
5115100174

0 komentar:

Post a Comment