Friday, December 11, 2015

Jadi seniman dalam game

“Apa cita-citamu?” jika ada pertanyaan demikian apa yang akan kalian lakukan? Merespon dengan menjawab dengan bersemangat? Diam saja? Tidak peduli? Atau malah bingung? Jika saya pribadi, saya akan diam karena kebingungan. Jujur saja pada tugas kali ini saya juga cukup kebingungan untuk menulis tentang artikel ini, tetapi saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan yang menurut saya sulit ini.
Dari kecil sampai saya sudah masuk menjadi mahasiswa, cita-cita saya selalu berubah dan pada akhirnya saya seperti tidak memiliki cita-cita karena semakin saya bertambah usia saya semakin memiliki wawasan yang meluas. Dan setelah mencari info di internet, akhirnya saya memutuskan cita-cita yang menurut saya agak sesuai dengan potensi saya dan bidang yang saya geluti yaitu IT. Walaupun saya masih tidak yakin.
Apa itu?
Menjadi seorang game designer atau game artist.
Kenapa?
Karena saya sangat suka menggambar dan saya suka dunia tulis menulis (Bahkan sampai sekarang saya masih menggelutinya).

Setelah merangkum informasi dari beberapa artikel yang saya baca, game designer adalah orang yang bertugas untuk membuat alur cerita atau blueprint dari sebuah game yang akan dibuat. Tujuannya adalah untuk memperkuat daya analisis para pemain.
Sedangkan game artist sendiri adalah seseorang yang mengolah ide dari para game designer untuk mewujudkannya secara visual. Tujuannya adalah agar game menjadi menarik untuk dimainkan.
Untuk menjadi seorang game designer dan game artist perlu memiliki kemampuan untuk berimajinasi yang tinggi dan kreatif. Selain itu teknik menggambar dan haruslah pintar menganalisis agar game yang dibuat menarik untuk dimainkan.
Adapun beberapa hambatan yang saya hadapi. Salah satunya adalah kurangnya pengalaman saya dalam bermain game, karena dalam salah satu artikel yang saya baca menyebutkan pentingnya pengalaman dalam bermain game (meski tidak menyukainya) untuk menjadi game designer.
Yang kedua, teknik menggambar yang perlu dikembangkan. Dan yang terakhir, perlunya mengembangkan teknik programming saya, hal ini dibutuhkan untuk mempermudah mengkomunikasikan ide game ke game artist dan game programmer saat membuat game.

Mudah-mudahan dengan saya berusaha dan berlajar untuk mengembangkan diri saya, saya dapat mencapai apa yang saya inginkan diatas. Aamiin.

Nama : Nuzul Ayu Safitri
NRP : 5115100134

0 komentar:

Post a Comment