Friday, December 11, 2015

Network Security Expert

Cita-cita saya di bidang teknologi informasi adalah menjadi network security expert. Dari kalimatnya, network security expert berarti seseorang yang ahli dalam bidang keamanan jaringan.


Mengapa network security expert? Karena saya memiliki hobi dalam bidang jaringan terutama dalam bidang keamanannya. Selain itu, karena luasnya jaringan, jaringan tersebut belum tentu seratus persen aman sehingga keahlian dari network security expert dibutuhkan.


Untuk mencapai cita-cita saya, saya akan mengambil kursus dalam bidang jaringan serta ujian sertifikasinya. Pertama, Cisco Certified Entry Networking Technician (CCENT). CCENT merupakan tingkatan sertifikasi cisco paling bawah. Pada sertifikasi ini, seseorang memiliki kompetensi untuk memasang, mengoperasikan dan troubleshoting jaringan enterprise berskala kecil.

Kedua, Cisco Certified Network Associate (CCNA). Kandidat yang telah lulus CCNA memiliki pengetahuan yang cukup komprehensif mengenai fundamental wireless networking, dasar-dasar keamanan jaringan, TCP/IP, VLSM, CIDR, RIP, EIGRP, OSPF, NAT, ACL, VLAN, dan koneksi WAN.

Ketiga, Cisco Certified Network Professional (CCNP). Sertifikasi ini menyatakan bahwa pemiliknya telah memiliki pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk menginstalasi, mengonfigurasi, dan melakukan troubleshooting jaringan LAN/WAN dengan jumlah antara 100 sampai dengan 500 buah perangkat jaringan.

Setelah itu, ada Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE). Dan yang paling puncak adalah Cisco Certified Architect (CCAr). Namun, saya tidak berencana mengambilnya.

Jadi, target saya setelah lulus dari teknik informatika ITS adalah memiliki sertifikasi CCENT, CCNA, dan CCNP sehingga akan lebih mudah masuk pekerjaan dalam bidang networking.


Jika cita-cita saya tidak tercapai, maka saya akan memilih menjadi mobile apps developer atau web developer. Saya memilih bidang ini karena smartphone sudah marak digunakan oleh orang saat ini. Jadi, mobile apps developer merupakan kesempatan yang menjanjikan. Di samping itu, banyak enterprise yang membutuhkan jasa web developer. Karena website sudah bisa diakses di smartphone, maka keahlian web developer menjadi semakin dibutuhkan.

Nama : Lucas Susanto
NRP : 5115100134

Sumber: www.transiskom.com/2015/07/mengenal-macam-macam-sertifikasi-cisco.html

0 komentar:

Post a Comment