Friday, December 11, 2015

Jadi orang yang berguna? Please, be more specific!

   Mendung tak selalu berarti hujan. Ketika kau mau tersenyum, maka itulah mentari yang kau cipta sendiri. Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam rekan kolega! Masuk pada penghujung tahun, hujan mulai hadir hari demi hari, materi semakin jauh mesti di kejar, tumpukan buku menanti dibaca menuju UAS, tugas akhir semester menunggu untuk dijamah. Tapi bukan berarti kita harus nyerah sama situasi, bukan berarti lepas tangan pada semester awal. Jalan kita baru dimulai kawan, ingat kembali kenapa kita mau masuk ke Teknik Informatika ITS, ingat kembali soal mimpi-mimpi, cita-cita yang ada dalam diri masing-masing. Nah, bicara soal cita-cita, semua orang pasti punya. At least, cita-cita jangka pendek seperti lulus matkul Kalkulus dengan nilai A......


   Lantas, apasih cita-cita saya sendiri? apa yang saya mimpikan? Jadi orang yang berguna? Memang tidak ada yang salah dengan menjadi orang yang berguna. Tapi, ayolah. Jadi orang yang berguna merukapan sebuah keharusan, bukanlagi mimpi. Bahkan (maaf) tukang becak sekalipun merupakan orang yang berguna. Kenapa? Karena mereka membayar pajak yang berguna bagi bangsa dan negara. Lah terus? Apa dong? Menjadi seorang Mobile Apps Developer merupakan mimpi saya, lebih bagus lagi jika bisa membangun sebuah perusahaan berbasis Pengembangan Aplikasi Mobile dengan saya sendiri sebagai CEO.
  
   Kenapa saya ingin menjadi seorang Mobile Apps Developer?
  • "Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar" -Ridwan Kamil. Tidak perlu penjelasan panjang tentang ini saya rasa.
  • Dari 256juta penduduk Indonesia, 75juta diantaranya merupakan pengguna internet, dan 308 juta tercatat aktif menggunakan mobile network (1 orang memiliki lebih dari 1 handphone). Dapat kita lihat betapa menjanjikannya pekerjaan ini.
  • Perkembangan smartphone yang makin hari makin pesat, hal ini juga mempengaruhi gaya hidup masyarakat.
  • Penggunaan mobile apps yang terus meningkat setiap tahunnya
   Strategi untuk mewujudkannya apa saja? Yang pertama dan paling utama adalah bergerak mulai dari sekarang, Mengembangkan kemampuan di bidang programmer, mencari lebih banyak ide untuk desain aplikasi, Karena seperti yang kita tahu untuk membuat apps yang menarik butuh lebih dari sekadar ngoding yang bagus, Mulai dari ide, desain menarik, sampai pengalaman user yang memuaskan, semuanya harus diramu dengan baik untuk menghasilkan apps yang keren pula.
   Apps yang bagus tidak serta merta ada hanya karena kita punya ide, dieksekusi, setelah itu dilempar ke store lalu tiba-tiba masuk top 10 download. Banyak hal yang perlu diperhatikan seperti riset pasar, mengumpulkan feedback, dan memperbaiki proses berdasarkan masukan dari user tsb. Oleh karena ini, berkolaborasi dan membangun tim yang tepat dalam menghasilkan sebuah aplikasi dan produk sangatlah penting, karena cuma dengan cara itu kita bisa membuat karya yang kuat. 
   Jika nantinya cita-cita saya menjadi founder sekaligus CEO di bidang Mobile Apps Development, setidaknya saya harus bisa menjadi seorang mobile apps developer yang bekerja secara freelance, baru nantinya sedikit demi sedikit mengembangkan sayap ke pelosok negeri!!


Ivan Fadhila
5115100039


0 komentar:

Post a Comment