Thursday, December 10, 2015

Sidqi, Future System Analyst

          Cita-cita ? Pasti semua orang sudah pernah mendengar kata itu, lalu apa sebenarnya esensi dari sebuah cita-cita? Apakah cita-cita hanyalah sekedar hal yang ingin dicapai? Menurut saya lebih dari itu... Diterima di Teknik Informatika ITS itu merupakan salah satu cita-cita saya yang alhamdulillah tercapai, dan pastinya disini saya ingin belajar untuk menjadi orang yang sukses kedepannya.


          Lalu jika saya sudah lulus nanti saya ingin jadi apa? Jujur, saya tidak mau bekerja terlebih dahulu, dari dulu saya sudah bertekad setelah lulus S1 saya akan langsung melanjutkan jenjang S2. Salah satu mimpi terbesar saya yaitu melanjutkan S2 di Jepang. Saya suka sekali berbagai hal mengenai Jepang... Saya ikut eskul tambahan Japanese Club di SMA hanya untuk belajar lagi mengenai bahasa mereka dan budaya mereka. Walaupun di SMP dan SMA ada pelajaran Bahasa Jepang, tetapi saya tetap ikut klub itu. Semata-mata untuk mempersiapkan jika nanti sy benar-benar bisa kuliah di sana haha.


          Saya ingin sekali meneruskan di jurusan Informatics Engineering di Tokyo Institute of Technology atau Computer Science di Tokyo University. Iya, konyol memang, mimpi saya tinggi sekali untuk bisa kuliah di univ2 ternama seperti itu. Tapi itulah saya, mahasiswa yg mungkin saat ini belum ahli sekali mengenai IT tetapi ingin berusaha keras & belajar sungguh-sungguh agar bisa mencapainya. Setelah lulus S2 saya ingin bekerja di negeriku tercinta, Indonesia :) Terserah orang mau bilang saya sok2an cinta tanah air atau apa, tetapi memang saya ingin sekali kerja di Indonesia walaupun nanti ada penawaran kerja di luar negeri. Saya ingin memajukan Indonesia, karena saya yakin Indonesia pasti akan menjadi negara yang sangat maju suatu saat nanti.


          Pekerjaan apa yang akan saya pilih setelah S2? Saya akan melamar kerja kemana? Jujur hal itu masih membuat saya bingung, sebagai mahasiswa semester 1 yang masih belum tahu banyak mengenai IT saya bertekad untuk lebih menggali informasi-informasi yang bisa saya dapatkan dari kakak tingkat, dosen, internet atau lainnya. Pekerjaan yang ingin saya dalami pasti bisa berubah seiring berjalannya waktu, karena sejauh ini saya menyukai semua hal di dalam Dunia Informatika.

          Tujuan utama saya yaitu menjadi seorang System Analyst. Apa itu System Analyst? Setahu saya seorang System Analyst itu kerjanya melakukan penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Sebagai mahasiswa yang dulunya siswa IPA di SMA, pastinya saya suka sekali dengan penelitian. Strategi-strategi untuk menjadi seorang analis sistem pastinya yang paling mendasar memahami dan menyukai penelitian-penelitian. Dalam hal ini, penelitian yang saya maksud yaitu penelitian di dunia IT.

            Langkah lain untuk menjadi System Analyst yaitu menurut saya harus bisa memahami semua hal mengenai perangkat lunak, dari hal yang paling mendasar sampai yang detail. Kalau tidak salah nanti di semester atas kita semua akan belajar mengenai Rekayasa Perangkat Lunak, maka dari itu saya harus bisa mempersiapkannya dari sekarang dan saat belajar mata kuliah itu harus serius dan memahaminya dengan baik. Dalam sebuah perusahaan sangat perlu adanya koordinasi yang baik, baik dengan rekan kerja ataupun dengan orang lain. Maka dari itu, hal lain yang saya bisa lakukan adalah bergabung di organisasi saat saya kuliah di ITS. Saya sudah berencana ingin bergabung di Himpunan Mahasiswa Teknik Computer-Informatika ITS (HMTC ITS) semester 3 nanti.

            Lalu bagaimana jika tidak tercapai ? Wallahu A'lam, kita sebagai mahasiswa hanya bisa berdoa dan berusaha sekuat tenaga, pada akhirnya yang akan menentukan adalah Allah SWT, maka dari itu, apakah nanti saya akan menjadi System Analyst atau tidak saya akan tetap mensyukurinya dan akan selalu melakukan yang terbaik dalam segala hal di dunia ini. Semoga dengan bekal-bekal yang sudah saya punya dan yang belum saya punya (sedang dalam proses) bisa membuat saya sukses kedepannya, semoga saya benar-benar bisa menjadi System Analyst yang profesional dan handal. Di samping itu, saya juga ingin sekali untuk membuat suatu perusahaan di suatu hari nanti, yang pasti akan saya beri nama Sidqi Corperation :)

Nama : R. Sidqi Tri Priwi
NRP : 5115100153

0 komentar:

Post a Comment