Friday, December 11, 2015

MENJADI PROFESIONAL WEB DEVELOPER



Bekerja di bidang IT adalah kebanggaan tersendiri bagi seseorang karena bidang IT sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Hampir semua perusahaan membutuhkan IT. Selain itu, banyak yang berkata bahwa bekerja di bidang IT akan memperoleh gaji tinggi haya dengan modal yang tak seberapa. Oleh karena itu, banyak yang ingin masuk jurusan Teknik Informatika untuk memperoleh pekerjaan di bidang IT. Saya bersyukur bisa lolos di Teknik Informatika ITS ini, karena jurusan ini akan membantu saya meraih cita-cita saya bekerja di bidang IT.
Disini saya akan menceritakan tentang cita-cita saya setelah lulus dari Teknik Informatika ITS. Sebelumnya ini merupakan tugas yang diberikan oleh dosen STI. Beliau menyuruh saya untuk menulis cita-cita saya di blog. Sebenarnya saya masih bingung ingin menjadi apa di  bidang IT karena saya belum mengetahui secara spesifik pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan IT. Saya hanya membaca sekilas saja di blog tentang pekerjaan di bidang IT. Namun sekarang saya tertarik untuk menjadi profesional web developer.
Apa itu profesional web developer?
Web developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website, mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen-elemen dari website tersebut. Sedangkan kata profesional menunjukkan seorang web developer yang ahli dalam pekerjaannya dan tidak main-main terhadap pekerjaan tersebut.
Mengapa profesional web developer?
Alasan pertama memilih profesional web developer adalah modal yang diperlukan untuk membuat sebuah web tidak meraup rupiah terlalu banyak, bahkan sangat berbeda hasilnya jika dibandingkan dengan untung yang akan diraih. Bayangkan saja, modal untuk membuat sebuah website hanyalah sekitar Rp300.000 untuk membayar domain(nama sebuah website) dan hosting(layanan penyimpanan file sebuah website). Website yang dijual dengan harga murah misalnya Rp500.000 biasanya selesai dalam sehari karena client tidak diperbolehkan minta macam-macam sesuai harganya yang murah. Apabila client meminta sesuatu yang lebih menarik untuk website, keuntungan yang didapatkan bisa mencapai 10 juta. Bayangkan apabila modal yang dikeluarkan sama, tetapi sayang didapat bisa berlipat-lipat. Akan sangat menguntungkan,bukan?
Alasan kedua adalah membuat website bisa dilakukan di rumah. Tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan website. Mendapatkan seorang pembeli juga mudah, bisa lewat facebook,kaskus, google, atau melalui website sendiri. Ketika sudah selesai membuat web, pembeli bisa mendapatkan website hasil kita dari email. Pembayaran oleh pembeli pun bisa dilakukan via transfer. Saya sangat mengapresiasi hal ini karena saya perempuan yang akan menjadi calon ibu, maka saya harus bekerja dimana pekerjaan itu tidak banyak meninggalkan rumah.
Meraih cita-cita butuh usaha yang keras dan juga doa. Cita-cita kita juga harus diperjuangkan mulai sekarang. Oleh karena itu, saya mempunyai kiat-kiat untuk menjadi profesional web developer yaitu :
1.       Selalu berdoa dan tawakkal kepada Allah SWT
2.       Belajar menghasilkan segala sesuatu dengan baik dan tepat waktu. Karena dengan hal tersebut kita akan mudah mendapat kepercayaan dari pembeli.
3.       Mengetahui aplikasi apa saja untuk membuat website.
4.       Belajar berpikir kreatif karena dalam mendesain sebuah website perlu hal-hal baru di dalamnya seperti design.
5.       Memperbaiki skill ngoding.
Dalam meraih cita-cita, kadang ada yang berhasil kadang ada pula yang belum beruntung. Apabila ada plan A, maka harus ada plan B. Alternatif apabila saya kurang beruntung untuk mendapatkan cita-cita saya adalah menjadi dosen di jurusan Teknik Informatika. Saya memilih dosen karena apabila saya belum bisa menerapkan ilmu saya sebagai profesional web developer, setidaknya saya bisa mengajarkan sedikit ilmu saya untuk orang lain.
Sekian paparan cita-cita saya. Semoga apa yang kita semua cita-citakan bisa terwujud. Amiiinn. Terima Kasih sudah membaca.

Rozana Firdausi
5115100701

0 komentar:

Post a Comment