Friday, December 11, 2015

System Analyst

Jika anda berkecimpung di dunia IT. Siapa sih yang tidak mengenal System Analyst?  
System Analyst adalah cita cita saya. Apa sih system analyst itu ? berikut adalah sedikit deskripsi tentang system analyst.

 
System Analyst adalah orang yang bertugas untuk menganalisis sistem dengan mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan pemakai serta mengidentifikasikan pemecahan yang beralasan (lebih memahami aspek-aspek  bisnis dan teknologi komputer)
 
Patut dicatat, belakangan ini kita akan menemukan pembagian jabatan/job desk lagi dari seorang Analyst. Ada yang namanya System Analyst, Business Analyst, Programmer Analyst, dll. Business Analyst adalah seseorang yang menganalisis organisasi (nyata atau hipotesis) dan merancang proses dan sistem organisasi, mengevaluasi model bisnis, dan mengintegrasikannya dengan teknologi. Programmer Analyst adalah seorang programmer yang kadang kala bekerja sebagai system analyst tetapi dengan porsi yang lebih sedikit daripada sebagai programmer.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, kebutuhan aplikasi komputer semakin kompleks. Ada kalanya proses bisnis dan permasalahan dalam suatu organisasi cukup kompleks untuk dijabarkan secara langsung ke sebuah software aplikasi. Biasanya para manajer/direksi perusahaan memahami secara detail mengenai proses bisnis di perusahaannya, misalnya dari sejak procurement, purchasing, manufacturing, warehousing, marketing, accounting dll, tetapi mereka biasanya kurang memahami mengenai bagaimana implementasinya secara teknis dalam software aplikasi. Kemudian seorang programmer biasanya terlalu berkutat dengan coding, algoritma dan hal-hal yang technical sehingga kadang mengalami kesulitan dalam memahami proses bisnis menyeluruh yang umumnya terjadi di organisasi/perusahaan tertentu.

Tugas dan tanggung jawab System Analyst :
a. Tanggungjawab analis sistem tidak hanya pada pembuatan program komputer
   saja, tetapi pada sistem secara keseluruhan.
b. Pengetahuan analis sistem harus luas, tidak hanya pada teknologi komputer,
   tetapi juga pada bidang aplikasi yang ditanganinya.
c. Pekerjaan analis sistem dalam pembuatan program terbatas pada pemecahan
   masalah secara garis besar.
d. Pekerjaan analis sistem melibatkan hubungan banyak orang, tidak terbatas
   pada sesama analis sistem,programer tetapi juga pemakai sistem dan manajer.

Keahlian yang Diperlukan:
  1. Menguasai hal-hal yang dikuasai programmer
  2. Menguasai metode, best practice pemprograman dan tool/pemodelan pemprograman seperti OOP, design pattern, UML (kemampuan membangun/mendesain)
  3. Menguasai SQL, ERD dan RDBMS secara lebih mendalam
  4. Memahami tentang arsitektur aplikasi dan teknologi terkini
Ya itulah deskripsi dari cita cita saya. Kenapa saya ingin menjadi Analyst Programmer ? karena saya ingin program atau system yang dibuat oleh saya ataupun tim saya dapat berjalan dengan baik, dapat memecahkan sebuah permasalah yang ada dengan baik dan tentunya program atau system itu efektif. Semoga di Teknik Informatika ITS ini membantu saya untuk menggapai cita cita saya kelak. :)
Inilah cita – cita saya, Apakah cita cita Anda ?

Satriyo Nugroho
5115100034

0 komentar:

Post a Comment