Friday, December 11, 2015

Jika Aku Menjadi






                Cita – cita, 

 

                Jika bicara cita – cita tentu semua orang memiliki cita – cita, oleh karena itu banyak pula macamnya cita – cita yang ada. Contohnya menjadi dokter, pilot, astronot, presiden, atau pun menjadi seorang hokage (?), bebas bagi kita untuk memilih selama itu pekerjaan yang baik dan untuk tujuan  yang baik.  Selain itu pada umumnya untuk  tiap cita – cita macamnya banyak juga atau bisa dibilang sebagai spesialisasi , misalnya kita menjadi dokter. Ada yang namanya dokter gigi, dokter anak, dokter hewan, dokter gigi anak hewan (?), dari  situ kita harus mulai berpikir  untuk menentukan sesuai minat dan bakat kita.  Semua itu jika kita bicara tentang cita – cita keprofesian. Selain itu ada juga cita – cita diluar itu semua, bisa dibilang sebagai cita – cita informal. Sebagai contoh ada seseorang yang ingin membahagiakan orang tuanya, ada yang bekerja secara rela di bidang kemanusiaan, ada yang menyerahkan segenap hidupnya untuk menekuni keagamaannya, bahkan untuk berpetualang mencari tujuh bola naga(?). Selama untuk tujuan yang baik dan tidak mengganggu kenyamanan hidup bersama sah saja untuk mencita – citakan semua itu. 


                Dari kilasan yang saya tulis di atas (walaupun sedikit tidak masuk akal) ada poin – poin yang saya dapat dari berpikir dalam merangkai cita – cita. Dalam konteks sebagai mahasiswa teknik informatika tentu kita memiliki  satu cita – cita yang sama yaitu untuk menjadi seorang yang bekerja di  bidang IT. Tetapi apakah itu cukup , dilihat dari perkembangan di jaman digital ini tentunya lingkup kerja di bidang IT semakin luas. Jadi menyinggung apa  yang saya katakan diatas kita membutuhkan spesialisasi dalam menekuni cita  - cita kita sebagai seorang IT Proffessional. 


                Bekerja di bidang  IT memiliki banyak spesialisasi yang dapat ditekuni. Sebagai bukti laboratorium di Teknik Informatika saja ada 9. Pada umumnya pekerjaan di bidang IT adalah sebagai system analyst , application designer, web developer, database administrator, security system, quality assurance atau tester, IT consultant, atau bergerak di online marketing sebagai Technopreneurship.
                Kalau begitu setelah banyak omong kosong di atas apa cita – cita saya? Untuk sekarang saya tidak memiliki cita – cita yang realistis. Tetapi saya punya impian untuk bekerja di perusahaan grafis komputer seperti NVIDIA atau Radeon. Alasan saya adalah saya tertarik dengan game – game yang memiliki kualitas grafis tinggi. Game – game ini tentunya dapat tampil optimal jika di support dengan perangkat  grafis komputer yang berkualitas baik pula. Dari situ timbul rasa ingin tahu bagaimana cara kerja sebuah grafis komputer sehingga bisa menghasilkan kualitas gambar yang bagus.


 

                Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk membuat sebuah aplikasi atau program yang menyangkut bidang musik. Keinginan ini berawal dari kekaguman saya pada seorang musisi dari sidoarjo yaitu Doddy Hernanto. Beliau adalah founder Rick Harnes guitar yang memiliki keunikan yaitu efek gitar yang digunakan bisa menggunakan gadget keluaran apple. Dari situ muncul ketertarikan saya untuk membuat aplikasi di bidang musik.


Di atas saya menyinggung cita – cita informal seseorang, saya juga memiliki cita – cita seperti itu, yaitu membahagiakan orang tua dan menjadi anak yang bisa menunjang kebutuhan ekonomi keluarga. Cita – cita ini penting bagi saya karena keluarga saya adalah alasan untuk saya  berjuang menuntut ilmu agar kelak saya menjadi orang yang sukses dan tidak lupa diri karena semua yang ingin saya capai semua berasal dari keluarga, orang tua dan saudara – saudara saya.
                Sekian terima kasih.

Nama : Racsi Beryl Wirawienta Hartono
NRP  : 5115100064

0 komentar:

Post a Comment