Thursday, December 10, 2015

             NETWORK SECURITY
     Berbicara tentang cita cita sebenarnya saya bingung kalo ditanya tentang itu. Tapi akan sangat aneh jika seseorang tidak memiliki tujuan hidup. Saat masih di Sekolah Dasar saya berkeinginan menjadi seorang guru  suatu hari nanti. Setelah tumbuh semakin dewasa saya sedikit demi sedikit mulai mengetahui apa passion saya yang tentu saja ingin selalu saya lakukan dengan senang hati tanpa ada paksaan. Sejak SMP saya tertarik dengan computer meskipun ketertarikan saya cenderung ke Permainan yang ada di dalamnya. Setelah semakin mengenal bahwa kegunaan dari komputer tidak hanya untuk game tapi sungguh banyak manfaat lain. Ditambah saat saya mendapat pengumuman bahwa saya diterima di ITS pada Jurusan Teknik Informatika semakin membuat saya yakin bahwa komputer adalah bidang yang harus saya ambil dan perjuangkan.
                Dunia komputer sangatlah luas dan berhubungan dengan berbagai aspek kehidupan. Mulai dari kalkulator yang membantu penghitungan hingga system keamanan jaringan suatu negara, semua berhubungan dengan komputer saat menjalankan. Yang paling menarik perhatian saya adalah bidang keamanan jaringan. Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting dalam jaringan komputer. Karena tanpa adanya keamanan jaringan semua orang dapat dengan bebas mengakses jarigan yang ada dan dapat berbuat seenaknya. Tidak masalah jika yang dilakukan berdampak positif bagi masyarakat, yang ditakutkan adalah jika orang orang tersebut menyalahgunakan jaringan komputer demi kepentingan pribadi dan merugikan orang lain. Oleh karena demikian saya ingin menjadi orang yang berperan positif di dunia dengan menjaga suatu keamanan jaringan yaitu administrator jaringan. Keamanan jaringan memiliki banyak tugas seperti mengatur jaringan agar hanya bias diakses orang tertentu, selain itu agar hanya orang yang berwenang yang dapat merubah atau menggunakan data yang ada. Administrator juga bertugas mengawasi lalu lintas jaringan dan siapa saja yang sedang mengakses. Yang paling penting adalah mencegah pembobolan jaringa.
                Untuk mencapai cita cita saya tersebut saya akan mulai belajar dari sekarang. Saya akan belajar bagaimana jaringan itu bekerja, seberapa penting jaringan dalam komputer. Saya akan membaca artikel artikel tentang jaringan. Mulai mencoba coba dasar dasar ilmu jaringan. Dan bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman dalam dunia jaringan komputer. Mengikuti perkembangan system jaringan yang ada di dunia. Yang tak kalah penting tentu saja minta restu dari orang tua agar semua lancar dan juga senantiasa berdoa.

                Itu semua adalah gambaran dari apa yang ingin saya capai di masa depan nanti. Masalah terjadi atau tidak Wallahu a’lam semua diatur Allah SWT. Saya hanya bisa berusaha untuk mencapai cita cita saya. Kalau pun tidak menjadi paling tidak saya dapat menerapkan apa yang sudah saya pelajari selama ini dan yang paling penting menjadi manusia yang berguna bagi orang lain.  

M. Faris Didin A.
5115100118

0 komentar:

Post a Comment