Thursday, December 10, 2015

Cyber Security Engineer


Teknik Informatika, jurusan yang besar yang selalu banyak peminatnya tiap tahunnya. Lulusan teknik Informatika memiliki banyak sekali peluang untuk terjun ke dunia kerja karena sekarang setiap lapangan pekerjaan membutuhkan bidang informatika. Tetapi saya ingin menceritakan cita-cita saya disini dalam bidang IT.

Saya tertarik menjadi seorang Cyber Security Engineer



Saya melihat tugas dari seorang cyber security engineer itu sangat berat sekali tapi saya tertarik pada salah satu tugasnya yaitu : memastikan web server dapat berjalan dengan baik, monitoring dan maintenance perangkat jaringan, mengevaluasi dan memberi solusi permasalahan keamanan jaringan, dan troubleshooting LAN & WLAN, sistem operasi, antivirus dan security. Menurut saya menarik karena kita mendesain, mengkonfigurasi dan mengimplemetasikan sistem serta arsitektur jaringannya, hal itulah yang membuat saya tertarik untuk bekerja di bidang itu. Karena saya belum terlalu mempelajari banyak tentang jaringan dan hanya sebatas di pelajaran sistem digital maka saya tertarik untuk mempelajari jaringan lebih lanjut.

Untuk usaha awal saya, saya kuliah di TC ITS, lalu saya berusaha untuk belajar mengenai jaringan lebih giat. Mulai dari menggunakan sistem operasi linux, ngetik-ngetik gak jelas di terminalnya sampai bener-bener paham kegunaannya.

Untuk hambatannya, karena kita berbicara informatika dan informatika itu sangat luas, jadi saya mempunyai banyak saingan untuk bekerja di bidang itu serta persyaratannya hard skillnya untuk menjadi seorang cyber security engineer pun cukup banyak. Mungkin persaingan itu juga bakal saya rasakan nanti di TC ini sendiri semisal ada penjurusan dibidang jaringan.

Kelebihan saya, saya selalu suka mencari hal-hal baru apalagi yang berbau IT dan teknologi baru lainnya, mau bekerja keras, terbuka untuk hal-hal baru (dinamis), mudah bergaul dan mudah berbaur dengan lingkungan baru.
Kelemahan saya adalah pemalas, suka menunda-nunda pekerjaan, kurang disiplin, dan pelupa.

Untuk itu, bagi siapapun yang membaca tulisan saya ini, terima kasih dan tolong doakan saya agar bisa meraih cita-cita saya dan juga untuk anda yang membaca semoga cita-cita anda juga tercapai Amin.

Nama : Ilham Muhammad Misbahuddin
NRP : 5115100088

0 komentar:

Post a Comment