Thursday, October 22, 2015

WiFi

Kata "WiFi" tentu sudah tidak asing lagi di telingan kita. Jujur saja, sebagai pengguna gadget justru barang yang satu inilah yang pertama kali kita cari saat mengunjungi suatu tempat karena kemudahan yang ditawarkan untuk membantu kita terhubung ke internet dan tentunya karena........gratis. Dengan adanya wifi sangat membantu kita saat ingin menggunakan internet.

Bayangkan saja, biasanya kita harus membeli modem internet atau menghubungkan kabel ke perangkat yang kita gunakan supaya bisa terhubung ke internet. Kemudian, kita harus menginstall driver modem internet tersebut di perangkat kita. Tak sampai disitu saja, kemudian kita harus mengaktivasi kartu SIM internet dan mengaktifkan paket internet tertentu, dan paket internetnya pun memiliki batas kuota dan kecepatan tertentu. Sehingga, kita kurang bebas dalam mengakses internet dan mendownload konten - konten tertentu.

Tetapi kini dengan adanya WiFi, kita bisa terkoneksi dengan internet dengan mudah. Cukup mencari tempat dimana terdapat sinyal WiFi, disitu kita bisa berinternet ria dan sekali lagi......gratis. Kita tak perlu lagi repot - repot membeli modem supaya bisa terkoneksi dengan internet. Apabila kita ingin membuat WiFi spot milik kita sendiri pun cukup mudah. Kita cukup membeli modem dan pemancar khusus WiFi yang kini tersedia berbagai macam jenisnya di pasaran, seperti Bolt!, Smartfren, TP-Link, First Media, IndieHome dan lain - lain. Harganya pun bervariasi tergantung kecepatan dan jumlah client (pengguna) yang dapat ditampung. Cukup beli pemancar dan modemnya, pilih Internet Service Provider yang anda inginkan dan anda pun dapat menikmati wifi pribadi anda. Tentunya, jangan lupa memasang password jika anda tidak ingin ada orang iseng menggunakan WiFi pribadi anda.

Secara pribadi, banyak kemudahan yang saya dapatkan dari teknologi WiFi ini. Seperti saat ini misalnya, ketika saya sedang mengetik posting ini, saya menggunakan WiFi yang dipancarkan dari HP saya sebagai sarana terkoneksi ke internet. Pengalaman saya lainnya adalah ketika saya berada di gedung Teknik Informatika. Bila ingin berinternet, saya cukup mencari tempat dimana terdapat sinyal WiFi paling kuat, karena biasanya disitulah kecepatan koneksinya paling tinggi. Tak perlu lagi repot - repot membawa modem internet apabila sedang bepergian dan ingin terkoneksi dengan internet. Dan tentunya, tak perlu lagi berurusan dengan kuota paket yang habis dan sinyal yang jelek.

Intinya, manfaat WiFi sangat sejalan dengan manfaat adanya teknologi di tengah kita. Yaitu, membuat segalanya menjadi lebih mudah.




Nama : Rogo Jagad Alit
NRP : 5115100168
 

6 komentar:

  1. nice.. selain keuntungan, ada sisi negatifnya juga kan gan?? share dong sisi negatifnya hahaha

    ReplyDelete
  2. Sisi negatifnya ya? Pertama, karena kemudahannya, kebanyakan orang jadi semakin "menggilai" internet. Dengan kata lain bisa lupa kewajiban. Misalnya, malah browsing dan donlot hal2 lain di saat kuliah. Kedua, di tahap tertentu, karena kemudahannya untuk diakses malaj jadi sarana untuk tindak kejahatan. Sekian.... Cmiiw

    ReplyDelete
  3. Gimana kalau ada yang salah gunain wifi gan ? Misalnya dia pake net cut kan gunanya untuk keuntungan dia sendiri

    ReplyDelete
  4. Mau nanya gan cara bypass proxy gimana ya?


    Yustian-5115100058

    ReplyDelete
  5. Kalo posisi agan sebagai admin, bisa didisconnect aja gan ybs. Kalo posisi anda sebagai sesama user, pertama bisa ganti IP untuk menghindari serangan tahap 2. Kedua, agan bisa hidden komputer dr network dengan beberapa aplikasi yg tersedia di internet. Sekian. Cmiiw

    ReplyDelete
  6. Bisa menggunakan software VPN yang diinstal di device agan. Untuk Windows bisa menggunakan SoftEther atau OpenVPN. Agan tinggal daftar lalu cari server yang diinginkan.

    Kalo untuk android bisa menggunakan aplikasi Proxy Droid.

    ReplyDelete