Thursday, October 22, 2015

Genggam Dunia Melalui Smartphone

Smartphone
Dewasa ini perkembangan teknologi sudah menunjukan dampak yang sangat besar. Bicara mengenai perkembangan teknologi tentu banyak sekali penemuan menajubkan dan bermanfaat yang telah kami rasakan ataupun masih dalam masa uji coba seperti lampu pijar, telephone rumah, smartphone, google self driving, aeromobil, hololens, google glass dan teknologi hebat lainnya. Perkembangan ini selain didukung dengan peradaban manusia yang semakin maju, juga di dukung dengan kebutuhan manusia yang semakin komplek, beragam dan serba  cepat.
Kehebatan suatu  teknologi bukan dilihat dari berapa mahal harga yang harus dibayarkan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menciptakannya, serta siapa yang menciptakannya. Menurut hemat saya kehebatan suatu teknologi dilihat dari seberapa besar manfaat yang di peroleh dari suatu karya.
Salah satu teknologi yang paling berkesan menurut saya adalah ponsel pintar atau yang sering disebut smartphone. Sedikit penjelasan mengenai ponsel pintar. Ponsel pintar atau yang sering disebut smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Perbedaan ponsel pintar dengan ponsel lain terletak pada fiturnya yang minim yakni hanya bisa digunakan untuk bertelepon dan berkirim pesan saja. Sedangkan smartphone mengalami penambahan fiture yang dapat memudahkan pekerjaan kita.
Manfaat yang saya dapat dari smartphone diantaranya :

1.      Dalam dunia pendidikan
        Smartphone berkontribusi banyak dalam membantu tugas menyelesaikan setiap permasalahan yang saya hadapi khususnya dalam dunia pendidikan seperti :
·         Mencari sumber referensi 
·         Membaca E-book, E-learning 
·         Melakukan mini presentasi
·         Reminder
·         Berbagi konten pendidikan seperti e-book, presentasi
2.      Komunikasi dan Informasi
media komunikasi pada smartphone
·         Mengakses layanan sosial media : Facebook, Line, Instagram, BBM dan lain-lain.
·         Bertukar informasi
·         Telepon dan  berkirim pesan
·         Mengakses layanan umum : integra
·         Membaca berita
·         navigasi
3.      Hiburan
·         Mendengarkan musik
·         Bermain game
·         Mengabadikan momen
Selain manfaat yang saya sebutkan diatas, masih banyak lagi kegunaan dan  fungsi dari smartphone yang belum bisa saya sampaian. Dari manfaat smartphone di atas seolah dunia yang besar berada dalam genggaman.

4 komentar:

  1. Smartphone memang the best deh hehe,,apa aja bisa dilakuin di Smartphone ;)

    ReplyDelete
  2. Apa pendapatmu tentang penggunaan smartphone yang telah menembus dunia anak-anak? Baik atau tidak? Berikan alasannya!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sebelumnya sudah mampir di tulisan saya.
      pendapat saya mengenai penggunaan smartphone pada anak-anak ada baik dan buruknya tergantung pada penggunaannya. penggunaan smartphone sebagai metode pendidikan merupakan langkah baik dan bijak. namun jika hanya sebagai media hiburan seperti bermain game dibatasi penggunaannya 1-2 jam dalam sehari. karena anak-anak butuh mengekslpor lingkunga sekitarnya.

      Delete
  3. smartphone membuat hidup kita semakin mudah dan efisien..

    ReplyDelete