Friday, October 23, 2015

OLX Cara Tepat Jual Cepat

Punya barang bekas ngak kepake? Jual aja di ... “  
Dalam keseharian, kita pasti pernah mendengar kalimat itu atau juga semacamnya di iklan acara televisi maupun dari advertisement saat kita surfing di internet. Tak lain dan tak bukan, kalimat ini merupakan  slogan iklan yang digunakan oleh olx.co.id, salah satu web jual beli secara online di indonesia.

                OLX Indonesia adalah suatu web iklan baris di Indonesia yang memfokuskan untuk jual beli barang atau jasa secara online. Pada awalnya web ini berdiri pada tahun 2005 dengan menggunakan nama Tokobagus. Baru pada tahun 2014 Tokobagus secara resmi berganti nama menjadi OLX.  

 Berbagai macam barang maupun jasa bebas untuk diperjualbelikan disini. Atau pada interface webnya dibagi dalam beberapa kategori yaitu Mobil , Motor, Properti, Keperluan Pribadi, Elektronik & Gadget, Hobi & Olahraga, Rumah Tangga, Perlengkapan Bayi & Anak, Kantor & Industri, Jasa & Lowongan Kerja.



OLX Indonesia menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa, baik baru maupun bekas, dan bermacam alternatif yang mencakup seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, apabila ingin melakukan kontak dengan penjual yang memasang iklan di OLX Indonesia, tidak diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu. Situs ini juga menyediakan tab spesifikasi produk atau jasa yang dibutuhkan, seperti merk, tipe, tahun maksimum dan minimun, serta harga maksimum dan minimum.

 Tidak ada biaya untuk pemasangan iklan, kecuali apabila meminta layanan promosi tambahan (promo point)untuk iklan-iklan yang dipasangkan. Biaya yang dikenakan tersebut hanya bersifat “dianjurkan” bukan “diharuskan”. Jadi, apabila tidak ingin menggunakan layanan promosi tambahan, anda tidak perlu membayar sepersenpun.

Untuk lebih memudahkan dalam mengakses OLX , situs ini juga menyediakan official applicaton di Android yang berguna bagi user untuk memasang iklan ataupun mencari kebutuhan secara mudah kapan pun dan dimana saja. Kemudahan tambahan dalam menggunakan aplikasi OLX di android adalah pengguna dapat menghubungi langsung penjual dengan menggunakan berbagai layanan komunikasi seperti What's App , BBM, E-mail, SMS, atau telepon.

Kekurangan pada OLX yang sering terjadi adalah penipuan karena penyediaan layanannya secara gratis dan terbuka bagi umum. Untuk itu ada beberapa tips untuk bertransaksi secara aman.

- Gunakan Akal Sehat Anda

Percaya pada akal sehat, terutama jika dirasa di dalam iklan tersebut terdapat kejanggalan-kejanggalan yang tidak masuk akal, biasanya hal tersebut memang tidak baik. Jika memang penjual tersebut kurang meyakinkan, maka lebih baik batalkan saja.

-Memilih Penjual Terpercaya

Bertransaksilah dengan penjual yang terpercaya (verified number) yang telah memverifikasi alamatnya kepada OLX Indonesia agar terhindar dari penjual atau pemasang iklan yang tidak jelas.

-Lakukan Riset Sederhana

Ketahui dulu info tentang produk serta penjualnya dengan lengkap dan jelas dengan mengumpulkan informasi dan melakukan riset sederhana terkait hal tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan bagaimana deskripsi yang dipaparkan oleh si penjual dan apakah foto produk yang ia perlihatkan asli hasil jepretan sendiri atau tidak. Jika benar, maka hal itu dapat dikatakan sebagai petanda yang baik. Selain itu, galilah informasi yang ada dengan menanyakan produk serta alamat penjual tersebut selengkap mungkin. Jika dia menjual produk laris seperti handphone, kamera digital, dll dengan harga yang jauh lebih rendah, maka penjual itu patut dicurigai. Jika lokasi atau alamat penjual terjangkau, lebih baik bertemu secara langsung dan usahakan membawa teman.

Nama : Racsi Beryl Wirawienta Hartono
NRP   : 5115100064
                

7 komentar:

  1. Sungguh mengesankan, namun ada baiknya anda juga mencantumkan trik serta tips agar kita sebagai konsumen (kebanyakan) tidak mudah tertipu dan terkecoh saat berbelanja secara online. Terima kasih,

    ReplyDelete
  2. Nice info. Kalau olx dibanding yang lain apa kelebihannya? Tegar 178

    ReplyDelete
  3. Masalahnya sekarang masih terdapat banyak penipuan melalui OLX, sistemnya saya rasa masih terlalu jadul dan tidak efisien layaknya tokopedia atau bukalapak. Bagi yang sudah pernah listing disana pasti sesaat setelahnya ada email ataupun sms masuk tanpa jelas sumbernya. Jika tidak berpengalaman, dengan mudah bisa tertipu

    ReplyDelete
  4. Saya juga pengguna OLX, menjadi penjual sekaligus pembeli, saya suka sistemnya, jauh lebih aman karena bisa COD, ada filter daerah yang bisa membuat kita bisa untuk cod. Harga juga bisa dipasang lebih tinggi dibanding harus dijual ke perantara, karena kita sendiri (penjual) yang tahu kondisi barang serta pembeli juga bisa langsung menanyakan jika ada kerusakan/sesuatu (dalam sistem cod)

    ReplyDelete
  5. menurut saya di olx masih cukup belm aman bagi orang awam.

    ReplyDelete
  6. Banyak penjual yang kesannya gak niat karena kurang deskripsi dll, Bagus untuk barang bekas tapi untuk barang baru belum

    ReplyDelete
  7. Saran saya , hati hati dalam menggunakan OLX. Jangan sampai anda terkena penipuan

    ReplyDelete