Friday, October 23, 2015

Search Engine Sahabat Pengertianku






Mesin pencari web atau dalam bahasa inggris sering disebut dengan web search engine adalah sebuah program komputer yang dibuat untuk melakukan pencarian tehadap berkas-berkas yang ada di internet. Dengan adanya program ini kita dapat mencari data-data,gambar,file ataupun lainnya dari suatu berkas. Pada zaman ini sudah terdapat banyak sekali mesin pencair yang ada di internet seperti: google,yahoo,baidu,bing,ask d.l.l. Dengan banyaknya mesin pencari yang ada kita harus pintar dalam memilih yang tepat terutama dalam efisiensi dan efektifitas waktu yang kita miliki agar mencapai sasaran yang diinginkan. Menurut pangsa pasar berikut daftar mesin pencari yang terpopuler yang ada


Mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Hampir seluruh pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari informasi tertentu di internet. Dengan adanya mesin pencari kita bisa langsung menemukan hal hal yang akan kita cari. Tidak perlu bersusah-susah untuk membuka terlalu banyak situs web yang belum tentu ada info yang kita cari, cukup hanya dengan memasukkan kata kunci dari apa yang kita cari kita langsung bisa menemukan informasi yang kita inginkan. Kita hanya perlu membuka situs situs yang ditunjukkan oleh mesin pencari karena di dalam situs-situs itu terdapat informasi yang akan kita cari. Selain itu informasi yang ada di internet juga bisa dapat diakses oleh semua orang baik di dalam maupun luar negeri. Dengan kata lain mesin pencari ini memudahkan semua orang dalam mencari informasi di internet.

Saya terkesan dengan mesin pencari karena bisa saya bilang mesin pencari itu ajaib. Dulu waktu kelas 7 smp itu adalah awal saya berkenlan dengan internet, jadi benar benar pertama kali menggunakan internet. Waktu itu saya mendapatkan tugas TIK dari sekolah untuk mencari alat komunikasi tradisional dan modern di internet/koran/majalah. Saya memutuskan untuk mencari di internet tapi karena tidak tahu apa-apa tentang internet saya mengajak kakak saya untuk mengerjakan tugas saya bersama. Kakak saya setuju dengan syarat saya yang membayar warnet(maklum belum punya koneksi internet sendiri) dan mentraktir dia makan mie ayam. Saya terpaksa menyetujui karena tugas saya harus selesai dan langsung berangkat ke warnet. Setelah 10 menit di warnet tiba-tiba tugas saya sudah selesai dan sudah di print tinggal mengumpulkan. Saya hanya diam saja melihat apa yang kakak saya lakukan, tidak tahu sama sekali apa yang dia lakukan,dia hanya mengetik beberapa kata,mengklik klik saja dan mengedit sedikit dokumen, itu saja yang saya tahu waktu itu. Saya sangat heran waktu itu kalau waktu itu saya baca koran/majalah,mencari-cari contoh alat komunikasi yang jumlahnya cukup banyak(yang kadang juga satu koran belum tentu ada) kemudian menulisnya ulang dalam buku saya. Itu pasti membutuhkan waktu seharian dan juga membutuhkan banyak energi. Senang sekali rasanya saya waktu itu untuk mengharapkan nilai sempurna. Namun saya tidak boleh melupakan perjanjian saya untuk membayar warnet dan mentraktir mie ayam.



Nama : M. Azka Yasin

NRP : 5115100038

0 komentar:

Post a Comment