Friday, October 23, 2015

PPSSPP Emulator (PSP in the smartphone)


Assalamualaikum .Wr .Wb


PPSSPP ("PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably") adalah sebuah aplikasi berwujud emulator yang dapat digunakan untuk memainkan game dari console PSP (PlayStationPortable) di platform Windows, OS X, Linux, iOS, Android dll. Dengan begitu kita bisa memainkan game PSP tanpa perlu membeli console PSPnya, cukup menggunakan PPSSPP emulator di laptop ataupun smartphone kita sudah bisa memainkan game PSP.

Cara menggunakan PPSSPP sangatlah mudah, kamu cukup menginstall aplikasinya di laptop, tablet, atau smartphonemu dengan cara mendownloadnya di playstore ataupun situs resminya. Penemu dari aplikasi keren ini adalah Henrik Rydgard. PPSSPP ini dibagi menjadi 2 versi, ada versi yang biasa dan ada juga versi yang goldnya.


Kalau untuk yang versi biasa sih kita cukup mendownload dan menginstallnya saja, tapi kalau yang versi gold kita harus membelinya. Iseng-iseng googlig sambil nyari-nyari gratisan, aku berhasil mendapatkan versi gold ini dengan gratis :v (hahahahaha), tapi itu hanya untuk platform di laptopku saja, sedangkan untuk smartphoneku tetap memakai yang versi biasa. Keunggulan dari PPSSPP versi gold ini adalah dari sistem di dalamnya. Versi gold ini memiliki keunggulan ketika kita pakai untuk bermain game. Beberapa keunggulannya adalah dari segi kecepatan dan juga ghrapic dari game yang kita mainkan. Kalau versi biasa terkadang emulatornya suka ngeLAG dan berat ketika sedang dimainkan. Dengan versi gold ini kita akan lebih nyaman memainkan game PSP di Laptop dan smartphone kita.




Untuk memainkan game PSP di PPSSPP emulator kita harus memasukan data game yang ingin kita mainkan di file PPSSPPnya. Kebanyakan extensi dari file gamenya berupa .iso atau .cso. beberapa game PSP yang bisa dimainkan dapat kita dapatkan dengan cara mendownload di google (cari sendiri) atau bisa mengisi gamenya di toko-toko game. Setelah kamu mendapatkan data game yang kamu ingin mainkan, langsung buka aplikasi PPSSPP emulator lalu pilih game yang ingin kamu jalankan. Setiap game memiliki control yang berbeda, jika kamu merasa tidak nyaman dengan tombol-tombol PPSSPPnya kamu bisa mengatur ulang tombolnya di pengaturan. Selain itu, kita juga bisa mengotak-atik pengaturannya supaya bisa mendapatkan performa yang lebih bagus dan cepat ketika kita bermain game menggunakan PPSSPP emulator.



Jika kita memainkan game dengan PPSSPP di smartphone, tombol untuk menjalankan game akan dimunculkan dilayar smartphone kita khususnya untuk yang berlayar touchscreen. Sedangkan untuk laptop kita bisa menggunakan tombol-tombol keyboard dan mouse utuk menjalankannya. Seperti yang aku bilang tadi soal tombol-tombol yang tidak nyaman, kita bisa mengatur posisi dari keypad yang biasanya menghalangi layar sehingga mengganggu kita ketika bermain. Dengan begitu pandangan kita tidak akan terganggu dengan tombol keypad di layar.



Kalau kalian malas memainkan game PSP di smartphone hanya gara-gara susah untuk menekan tombol dan melihat layar karena terhalang oleh jempol-jempol raksasa kalian, tenang saja karena kulit mangga sudah ada ekstraknya (loh?), sekarang teknologi sudah maju dan perkembangan teknologi penunjang memainkan game sudah banyak dikembangkan. Kalian bisa memainkan game PSP di smartphone kalian menggunakan controler berbentuk seperti stik gaming untuk PS dan sebagainya. Alat ini disambungkan dengan menggunakan koneksi bluetooth dari smartphone kita atau ada juga yang menggunakan kabel sambungan. Beberapa alat penunjang bermain game seperti ini sudah banyak jenisnya, jadi kalian tidak perlu khawatir karena sekarang kulit jeruk sudah ada ekstraknya (hmm..), karena sekarang sudah banyak alat yang membantu kita para gamer untuk beraksi.

Jadi teman-teman inilah teknologi yang menurutku paling mengesankan di hidupku. Semoga informasinya bermanfaat, semoga nanti akan mucul teknologi-teknologi bermanfaat yag lebih keren lagi. Sekian dari saya salam anak IT.

Wassalamualaikum .Wr .Wb

Dias Adhi Pratama
5115100173

2 komentar:

  1. Bisa ga di simulatornya dibuat mainnya multiplayer online?

    ReplyDelete
  2. Artikelnya bagus gan...Dengan ini saya bisa bermain game game psp tanpa harus membeli consolenya (yang sekarang banyak orang bilang bahwa harga nya sudah turun banyak hingga harga jualnya mencapai 500ribu - 1 juta rupiah [untuk second])

    ReplyDelete