Thursday, October 22, 2015

Pinball

Jika ada teknologi yang berkesan sewaktu kecil, dia adalah Pinball. Dia bukan teknologi termutahir, terhebat, atau terpopuler waktu itu, kecuali untuk yang saya sebut terakhir. Pinball adalah game bawaan Windows XP yang sangat simple tapi populer. Mungkin tidak benar-benar populer, tapi itu adalah game komputer pertama saya, jadi terserah saya mau bilang apa.


Sebagai seorang anak SD yang pertama kali main komputer, pinball, waktu itu, sudah cukup untuk dimainkan berlama-lama sampai melebihi highscore dan seterusnya. Walaupun sekarang, mungkin, saya baru sadar bahwa game itu sangat membosankan dan monoton, saya tetap menganggap itu teknologi atau game yang cukup berkesan.



Konsep permainannya sederhana. Semua yang pernah di jaman Windows XP tahu cara mainnya, jadi tidak perlu saya jelaskan. Tetapi supaya artikel ini panjang, akan saya jelaskan. Kitu hanya diminta untuk mendorong bola ke papan permainan dan mencegah bola untuk masuk ke lubang utama dimana permainan akan selasai. Kita bisa mengendalikan sejenis penghalang di kedua sisi lubang itu supaya bola tidak masuk kesana. Cukup dengan menekan tombol z dan ? untuk mengendalikannya. Selain untuk menghalangi lubang, kita juga bisa mengontrolnya supaya bola dapat terdorong ke area papan yang sebaliknya, supaya bola terpantul ke tombol-tombol tertentu yang memperbesar score kita. Simple.

Untuk anak-anak tahun 2000an mungkin tidak akan pernah main pinball kecuali jika orangtuanya orang tua kuno atau punya komputer kuno yang operating sistemnya belum pernah diupdate windowsnya dari pertama kali dibeli karena tidak tahu caranya atau tidak ada internet dirumahnya atau warnet disekitar rumahnya karena waktu itu internet memang jarang dan tarifnya lumayan mahal tidak seperti sekarang atau orang tuanya memang tidak punya komputer. Ditambah pinball muncul terakhir di Windows XP dan hilang dari Windows selanjutnya. Bahkan sampai sekarang di Windowsv10 masih ada Solitaire dan lainnya, tetapi entah kenapa tidak ada Pinball.



Itulah teknologi yang cukup punya kesan untuk saya. Sebuah game. Simple. Outdated.

Nama: Pius Pambudi
NRP: 5115100069

5 komentar:

  1. Di Windows 8 ada Pinball FX, lumayan melepas rindu

    ReplyDelete
  2. Setuju!! Game game yang selalu ada di tiap versi windows, semuanya ada kecuali pinball. Entah kenapa windows memutuskan hal ini :')

    ReplyDelete
  3. Setuju!! Game game yang selalu ada di tiap versi windows, semuanya ada kecuali pinball. Entah kenapa windows memutuskan hal ini :')

    ReplyDelete
  4. kangen main pinball di win XP..sayang di win10 ga ada pinball

    ReplyDelete