Friday, October 23, 2015

INTERNET MENJADI KEBUTUHAN PRIMER

INTERNET MENJADI KEBUTUHAN PRIMER



                Internet kelihatannya sudah tidak asing lagi di Masyarakat saat ini. Hal ini bisa kita lihat betapa banyak orang-orang yang menggunakan internet untuk membantu aktivitas mereka. Bahkan Internet sudah menjadi aktivitas wajib bagi beberapa orang. Setiap orang memiliki kepentingannya masing-masing di dunia maya ini, ada yang menggunakan untuk belajar, bekerja, sosial media, dan masih banyak lagi hal-hal yang dilakukan orang-orang di Internet dari mulai yang positif, dan negatif pun tidak ketinggalan banyaknya.
                Karena banyaknya hal yang bisa dilakukan di Internet, Orang-orang mulai tergantung dengan Internet. Banyaknya aktifitas yang bisa dilakukan di Internet membuatnya menjadi sebuah kebutuhan. Kebutuhan ini bukan hanya bagi sebagian kecil orang saja tapi banyak orang yang sangat bergantung pada internet bahkan ini menjadi sebuah kewajiban. Apakah Anda tahu berapa banyak sebenarnya pengguna Internet ini ?. Nah di posting kali ini akan dibahas mengenai jumlah pengguna Internet baik diIndonesia dan di Dunia, dan pentingnya Internet bagi Masyarakat.
                Menurut survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara JasaInternet Indonesia (APJII) mengungkapkan bahwa jumlah pengguna internetdi Indonesia tahun 2012 mencapai 63 juta orang atau 24,23 persen dari total populasi negara ini. Tahun depan, angka itu diprediksi naik sekitar 30 persen menjadi 82 juta pengguna dan terus tumbuh menjadi 107 juta pada 2014 dan 139 juta atau 50 persen total populasi pada 2015. Pengguna internetglobal sendiri, menurut International Telecommunication Union (ITU) mencapai angka 2, 421 miliar pada 2011 dari 2, 044 miliar pada tahun sebelumnya.*
               
Data diatas menunjukan bahwa kini Internet sudah menjadi kebutuhan primer karena banyaknya pengguna. Selain itu karena Internetmemberikan banyak kemudahan dalam bertransaksi yang sekarang ini banyak digunakan oleh para perusahaan-perusahaan besar untuk menjual produk dan jasa serta pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. Akibatnya pasar pun makin luas dan bebas dengan adanya internet sehingga persaingan bisnis makin ketat. Berbagai layanan online mulai dilakukan oleh berbagai perusahaan sehingga setiap saat mereka selalu butuh akses internet. Bank merupakan salah satu contohnya. Bayangkan jika Bank tidak beroperasi sehari karena Internet sudah dimatikan maka  berbagai transaksi tidak bisa dilakukan akibatnya banyak kerugian baik bagi pihak Bank atau pihak Nasabah. Jangankan sehari beberapa menit saja sudah mengakibatkan banyaknya kerugian. Itulah contoh kasus yang membuktikan bahwa kebutuhan Internet masa kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang meskipun tidak semua.
                Contoh dari Bank tersebut merupakan sebagian hal kecil ketergantungan akan akses internet. Karena hampir semua instansi saat ini bisa dipastikan menggunakan akses Internet. Selain bisa ertukar data lebih cepat biayanya juga relatif lebih murah dibanding tukar data dengan caraoffline.
Dengan demikian sudah dipastikan sangat banyak data di Internetdan ilmu pengetahuan disana. Maka apabila Internet digunakan dengan bijak pasti akan mendapatkan manfaat yang sangat besar dan bisa belajar kapan pun dan dimana pun yang kita mau selagi ada Internet. Bukan hanya belajar saja kita juga bisa menggunakan Internet untuk mendapatkan penghasilan. Banyak sekali jenis program yang menghasilkan uang. TokoBagus.com merupakan contoh dari situs online yang memberikan jasa pengiklanan. Itu merupakan contoh dari satu jenis dan sebuah toko onlinetentunya masih sangat banyak jenis-jenis berbisnis di Internet.
Internet memudahkan untuk berkomunikasi, transaksi, tukar datadan lain-lain maka gunakanlah Internet sebijak mungkin dan jadikanInternet sebagai sarana belajar unutk menambah pengetahuan. Jangan malah Internet digunakan untuk hal-hal yang negatif yang membawa kerugian pada diri sendiri. Jangan sekali-kali melakukan penipuan diInternet dan berbagai kejahatan lainnya karena nama yang sudah tercemar di dunia maya tidak akan bisa dipercaya oleh semua orang dikarenakan komunikasi yang sangat mudah sehingga sang pelaku akan sangat cepat diketahui oleh semua orang.                 

 *Sumber :http://tekno.kompas.com/read/2012/12/13/10103065/2013.pengguna.internet.indonesia.bisa.tembus.82.juta

Nama      : Mochamad Syamsul Bachri
Nrp         : 5115100129

2 komentar:

  1. Memang benar, internet menjadi kebutuhan primer sekarang ini. Tapi apakah menurut anda internet di Indonesia sudah memenuhi kriteria untuk disebut 'cepat' atau minimal mumpuni?

    ReplyDelete
  2. Apakah menurut anda internet selalu berdampak positif?

    ReplyDelete