Thursday, October 22, 2015

AL KALAM

AL KALAM

               Assalamu’alaikum Wr. Wb.

          Di zaman yang serba canggih ini, banyak alat-alat yang disetting menjadi suatu alat yang lebih praktis yang penggunaannya semakin efisien dan mudah. Salah satu contohnya yaitu Al Kalam.
          Apakah Al Kalam itu? Al Kalam merupakan software Al-Qur’an Digital yang dilengkapi dengan murrottal dari syeh-syeh terkenal, tafsir, terjemahan, tajwid dan lain-lain. Software ini sangat mudah digunakan oleh berbagai kalangan Muslim dan Muslimah. Cocok bagi kita yang sedang belajar Al-Qur'an karena Software ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang akan mempermudah anda dalam belajar Al-Qur'an. Di samping itu software ini akan sangat bermanfaat untuk para wanita yang sedang berhalangan, karena dengan software ini kita dapat tetap mendengar bacaan Al-Qur’an dengan menyimak arti atau tafsir dari setiap ayat Al-Qur’an. Adapun fitur-fitur yang ada dalam Al Kalam ini yaitu, sebagai berikut:

1. Al Kalam dilengkapi dengan Tajwid, Tafsir, dan Terjemahan



2. Kita dapat menyimak ayat-ayat Al-Qur’an sambil mendengarkan Qori’
3. Petunjuk tajwid sangat mudah dengan mouse dan jika kita klik kita akan mendapatkan detail dari tajwid tersebut

4. Dilengkapi kaca pembesar untuk para pembaca yang merasa tulisan dalam Al Kalam kurang besar atau terlalu kecil

5. Dilengkapi dengan indeks pencarian berdasarkan ayat,  juz, tempat diturunkannya surat, dan juga berdasarkan tema

  
6. Kita dapat memilih Qori’ dari 4 pilihan Qori’ yang terkenal

  
7. Dilengkapi tafsir tiap tiap ayat (anda dapat memilih Tafsir dari dua pilihan yaitu Tafsir Ibnu Abbas dan Jalalain)
          Dengan menggunakan Al Kalam Al Qur’an Digital ini kita dapat mendengarkan pembacaan Al Qur’an oleh Qori’ yang kita pilih sambil bersantai atau menyimaknya, kita dapat memahami tajwid dalam bacaan, memudahkan kita dalam mencari ayat-ayat Al Qur’an sesuai dengan tema yang ingin kita cari. Selain itu masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari software Al Kalam Al Qur’an Digital ini.
          Demikianlah ulasan tentang Al Kalam Al-Qur’an Digital, semoga bermanfat bagi anda semua. Dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. :)
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Nama      : Fatimatus Zulfa
NRP        : 5115100073
 

6 komentar:

  1. waww, subhanallah. kira2 harganya sampai berapa ya? semoga terjangkau, amin :D

    ReplyDelete
  2. Subhanallah ukhti, terima kasih infonya:) Semoga dengan adanya software Al-Kalam ini membuat saya dan semua umat muslim menjadi gemar mengaji, aaamiin.
    Oh ya, aplikasi al-kalam ini hanya tersedia untuk dekstop aja ya? Nggak ada yang buat android? Trus kalau misalnya nggak ada, menurutmu aplikasi Al-Qur'an digital android apa yang recommended?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum, Ukhti, btw saya juga pake aplikasi ini. Setuju banget deh kalo aplikasi ini bermanfaat:)
    Kalau boleh tahu apakah ukhti sering menggunakan aplikasi ini untuk mengaji daripada Al-Quran cetak?
    Terimakasih, Ukhti.

    ReplyDelete
  4. @Rahajeng DWP harganya terjangkau sekali karena cukup bermodal internet doang :)

    ReplyDelete
  5. @Hafara amiiinnn.. untuk sementara aplikasi ini hanya dapat digunakan di PC karenna kapasitas yang dibutuhkan cukup besar yaitu sekitar 2 GB. untuk aplikasi androoid coba cari di google play banyaak kok hehehe :D

    ReplyDelete
  6. @Arij Navi alhamdulillah bisa dibilang sering. saya menggunakannya ketika sedang berhalangan dengan mendengarkan Qori'nya sambil beraktivitas. tapi kalo normal saya memakai Al-Qur'an cetak Insyaallah lebih afdol... :)

    ReplyDelete