Wednesday, October 21, 2015

Aplikasi Pengolah Kata

 
Pernahkah anda membuat sebuah essay yang ditulis menggunakan pulpen? Betapa sulitnya ketika kita ingin menambah kalimat di tengah essay yang telah kita buat. Jika essay tersebut akan dikirim untuk sebuah tugas formal, tentunya kita akan membuatnya serapih mungkin dan meminimalkan kesalahan-kesalahan. Bagaimana kalau kita terlanjur salah?

Jika kita berada dalam era analog, tentunya kita harus membuat ulang essay tersebut. Tetapi, dengan kehadiran aplikasi pengolah kata, pekerjaan menulis kita akan menjadi jauh lebih mudah.

 
Dalam masalah mengolah kata, aplikasi andalan saya adalah  Microsoft Word. Dengan kehadiran aplikasi ini, ratusan tugas saya dapat terselesaikan. Menurut saya, aplikasi ini mudah digunakan dan telah digunakan oleh sebagian besar pengguna komputer di dunia, sehingga kita dapat dengan mudah membagikan file .docx dengan mudah tanpa takut kesulitan untuk membukanya.


Ketika pertama kali saya belajar menulis menggunakan komputer, saya menggunakan Microsoft Word 2003. Tampilannya terlihat lebih sederhana dibanding Microsoft Word keluaran terbaru. Walaupun terdapat beberapa perubahan pada Microsoft Word generasi selanjutnya, Microsoft Word tetap mempertahankan kemudahan bagi penggunanya. Sehingga, walaupun terlihat berbeda, kedua perangkat lunak tetap mudah untuk digunakan. Bahkan Microsoft Word terbaru menambahkan beberapa fitur menarik yang sangat membantu.


Salah satunya adalah ketika saya ingin mencetak dokumen. Pada versi lawas, tidak terdapat tampilan untuk melihat keseluruhan isi halaman. Selain itu, pengaturan margin juga terasa lebih sulit karena tidak adanya tampilan pratinjau secara langsung. Dalam versi Microsoft Word yang sekarang saya gunakan, yaitu versi 2010, terdapat pengaturan untuk mencetak ke dua sisi kertas. Fitur ini sangat membantu ketika kita ingin mencetak dokumen untuk diri saya sendiri sehingga dapat menghemat penggunaan kertas.

Sudah banyak sekali pengalaman saya bersama Microsoft Word, sampai mengetik karya tulis ilmiah sekalipun saya mengandalkan aplikasi ini. Selama menggunakannya, saya tidak pernah mengalami kesulitan karena kurangnya fitur. Justru masih banyak sekali fitur dari Microsoft Word yang belum pernah saya pergunakan dan pelajari. Sebuah komputer tanpa aplikasi pengolah kata yang satu ini rasanya sangat hampa, oleh karena itu aplikasi ini merupakan aplikasi wajib untuk semua komputer yang akan saya gunakan.

Nama : Vincentius
NRP   : 5115100159

0 komentar:

Post a Comment